Wanita normal yang ayahnya hemofilia menikah dengan pria normal dari pernikahan tersebut kemungkinan menghasilkan anak laki-laki hemofilia sebesar?

By On Thursday, December 1st, 2022 Categories : Tanya Jawab

Wanita normal yang ayahnya hemofilia menikah dengan pria normal dari pernikahan tersebut kemungkinan menghasilkan anak laki-laki hemofilia sebesar? – Hallo sista dan agan semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke situs situspanda dotcom ini. Pagi ini, kami di blog situspanda ingin share saran yang menarik yang membahas tentang Wanita normal yang ayahnya hemofilia menikah dengan pria normal dari pernikahan tersebut kemungkinan menghasilkan anak laki-laki hemofilia sebesar?. Ayo ibu dan bapak boleh mengecek yang berikut ini:

Mata pelajaran : BiologiKelas: IX SMPKategori : pewarisan sifatKode kategori berdasarkan kurikulum ktsp : 9.4.5Kata kunci : persilangan pada hemofiliaPembahasan : Hemofilia merupakan suatu penyakit keturunan yang mengakibatkan darah seseorang sukar membeku. Jika seseorang yang mengalami hemofilia ini terluka maka darahnya akan keluar terus atau sukar membeku.Walaupun bisa membeku tapi membutuhkan waktu yang lama bisa 50 menit atau lebih. Hal ini akan membuat seseorang kekurangan darah dan bisa mengakibatkan kematian kalau tidak ditangani oleh pihak medis. Penyebab penyakit hemofilia ini sendiri ini adalah faktor keturunan dimana penyakit ini dikendalikan oleh gen resesif (h) yang terpaut kromosom X atau kelainan genetik yang mengkode faktor pembekuan darah.Perlu diketahui bahwa setiap manusia yang normal itu memiliki dua kromosom seks, XX atau XY. Perempuan mewarisi kromosom X dari ibu dan kromosom X dari ayah, sedangkan laki-laki mewarisi kromosom X dari ibu dan kromosom Y dari ayah.Untuk penderita hemofilia sendiri memiliki genotip yang berbeda antara wanita dan laki-laki. Genotip hemofilia dapat dibedakan sebagai berikut.1. Genotip wanita hemofilia:HH = XHXH = homozigot dominan = normalHh = XHXh = heterozigot = normal carrier = pembawa sifathh = XhXh = homozigot resesif = penderita hemofilia2. Genotip laki-laki hemofilia:XHY = laki-laki normalXhY = laki-laki hemofiliaDari penjelasan diatas maka kita bisa menjawab pertanyaan soal seperti berikut =Persilangan antara laki laki hemofilia (XhY) dengan wanita normal heterozigot (XHXh)P = ayah (XhY)          x          ibu ( XHXh)Gamet =ayah  (Xh dan Y)      x        ibu (XH dan Xh)Filial = 1. XHXh ( wanita normal carier)            2. XhXh ( wanita hemofilia)            3. XHY   ( laki laki normal)            4. XhY   ( laki laki hemofilia)

Jadi untuk mencari presentase anak laki laki hemofilia adalah 1/4 x 100% = 25% . SD

Kita harap kiranya solusi terbaik mengenai Wanita normal yang ayahnya hemofilia menikah dengan pria normal dari pernikahan tersebut kemungkinan menghasilkan anak laki-laki hemofilia sebesar? itu berguna bagi ibu dan bapak semua.

Bila kalian memerlukan bantuan lain,sobat bisa kontak kita via form kontak.

Wanita normal yang ayahnya hemofilia menikah dengan pria normal dari pernikahan tersebut kemungkinan menghasilkan anak laki-laki hemofilia sebesar? | admin | 4.5