Tuliskan dan gambarkan yang dimaksud dengan garis lurus dan sinar garis

By On Monday, September 12th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Tuliskan dan gambarkan yang dimaksud dengan garis lurus dan sinar garis – Apa khabar sobat semua, Thanks dah mau datang ke website situspanda ini. Sore ini, kita di portal situspanda ingin sharing Q & A yang bagus yang menunjukkan pada anda tentang Tuliskan dan gambarkan yang dimaksud dengan garis lurus dan sinar garis. Silahkan ibu dan bapak dapat mengecek yang dibawah ini:

Ilustrasi Garis, Ruas Garis, dan Sinar Garis

Sebagaimana diketahui bahwa geometri dibangun atas dasar unsur-unsur yang tidak didefinisikan yaitu: titik, garis, dan bidang. Titik dapat dipahami secara intuisi sebagai sebuah noktah yang sangat kecil. Titik biasanya diilustrasikan dengan sebuah noktah dengan menekan ujung pensil/pulpen pada kertas atau kapur tulis/spidol di papan tulis. Bidang yang dimaksud di sini adalah bidang datar yang tiada bertepi, seperti permukaan lantai yang rata tetapi tidak memiliki batas. Garis yang dimaksud di sini adalah garis lurus yang tidak memiliki ujung dan pangkal.

Unsur Tak Terdefinisi dalam Geometri

Selain garis, ada juga istilah ruas garis dan sinar garis. Lalu apa perbedaan masing-masing istilah tersebut?

Garis merupakan garis lurus yang tidak memiliki ujung dan pangkal dan merupakan salah satu unsur tak terdefinisi dalam geometri dan dapat dikatakan sebagai himpunan titik-titik yang dinamakan garis tanpa ujung dan pangkal.

Karena tidak memiliki ujung dan pangkal, maka sangat sulit  kita mengatakan ada ukuran panjang dari garis tersebut. Untuk mengukur panjang diperlukan titik awal dan akhir, misalnya sebuah garis yang melewati titik A dan titik B, maka kita dapat mengukur jarak antara titik A dan titik B. Jarak dari titik A ke titik B pada sebuah garis AB disebut sebagai ruas garis.

Jadi dapat dikatakan bahwa ruas garis adalah bagian dari garis yang diketahui titik ujung dan pangkalnya, sedangkan garis tidak diketahui ujung dan pangkalnya.

Selanjutnya sinar garis merupakan garis yang memiliki pangkal namun tidak memiliki ujung, sehingga untuk menghitung ukuran panjang dari sinar garis juga sulit sekali.

Aksioma Insidensi 1 dan 2

Kamis, Februari 09, 2017

Titik, Garis, Ruas Garis, Sinar Garis, Sudut, Dan Kurva – Titik, garis, sudut dan kurva sering dan akan selalu ditemukan dalam belajar matematika terutama dalam pembahasan terkait geometri. Untuk itu, pemahaman akan gagasan-gagasan atau konsep ini sangat penting jika seseorang ingin berhasil dalam belajar matematika. Selain untuk belajar matematika, konsep-konsep ini sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Titik

Titik sebagai ide dasar dalam geometri tidak didefinisikan. Ide tentang titik dapat dikaitkan dalam kehidupan keseharian kita misalnya sebagai ujung sebuah pensil yang rucing, ujung paku, ujung jarum, noktah yang menggambarkan kota Ende pada peta pulau Flores dan lain-lain. Contoh tersebut tidak memberikan gambaran pengertian yang tepat secara formal tentang titik dalam geometri. Suatu titik dalam geometri tidak mempunyai ukuran (panjang/lebar). Lihat Animasinya pada video berikut ini.

Jangan Lupa Untuk Subscribe Channel yang Berisi Video ini pada link Subscribe  Agar Anda bisa mendapatkan video Tutorial Matematika Terbaru

Titik menunjuk suatu posisi, tempat atau letak tertentu dari suatu obyek. Dengan kata lain suatu titik hanya ditentukan oleh letaknya tetapi tidak mempunyai ukuran atau besaran sehingga dikatakan suatu titik tidak berdimensi. Geometri berhubungan dengan himpunan tak hingga titik. Suatu titik biasanya digambarkan dengan menggunakan noktah (.). Suatu titik dapat diberi nama dengan menggunakan huruf besar (kapital).                      

Contoh titik A dan titik B dapat digambarkan sebagai berikut.

                                     . A                                                 . B

                             Titik A                                                     Titik B

2. Garis

Garis merupakan suatu himpunan titik, dengan kata lain suatu garis penuh dengan titik. Suatu garis dapat diperpanjang sekehendak kita pada kedua arahnya dan tidak mempunyai tebal atau tipis. Seperti halnya suatu titik kita dapat memberikan nama pada garis biasanya dengan menggunakan huruf kecil. Contoh suatu garis g dapat diperlihatkan pada gambar di bawah ini. 

Titik A dan titik B serta titik-titik diantara A dan B membentuk suatu ruas garis AB. Ruas garis AB dapat digambarkan sebagai berikut.

 Baca Juga: Cara menentukan Jarak dua titik pada Bidang

Ruas garis dapat diukur karena ada dua titik yang bisa digapai. Silahkan membaca artikel Pengukuran Panjang Ruas Garis di bagian lain blog ini.

4. Sinar Garis

Perhatikan gambar di bawah ini. Misalnya suatu titik A berada tepat di tengah-tengah garis g dengan titik A tidak termasuk dalam tengahan garis.

Gabungan antara titik A dengan semua titik pada salah satu bagiannya dinamakan sinar garis. Dari gambar di atas terdapat sinar garis AB dan sinar garis AC yang dapat digambarkan sebagai berikut.

 

Sudut adalah gabungan dari dua buah sinar garis. Suatu sudut diberi nama dengan menggunakan satu huruf kapital atau tiga huruf kapital, misalnya sudut A atau sudut BAC. Suatu sudut dapat siku-siku, lurus, lancip dan tumpul yang dapat digambarkan sebagai berikut.Suatu sudut memiliki daerah Interior dan eksterior. Untuk mengukur sudut digunakan busur derajat.

 

 

Lihat Foto

KOMPAS.com/Gischa Prameswari

Ilustrasi segmen garis, garis, dan sinar garis

KOMPAS.com – Garis adalah suatu elemen yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Garis juga menjadi suatu hal yang akarba dengan ilmu matematika. Tahukah kamu mengenai perbedaan segmen garis, garis, dan sinar garis? 

Garis, sinar garis, dan segmen garis, ketiganya adalah elemen panjang yang lurus dan tidak memiliki lebar, tebal, ataupun volume. Ketiganya memiliki perbedaan dasar sebagai berikut!

Garis

Dilansir dari Cuemath, garis adalah konsep dasar geometri yang memanjang tanpa batas di kedua arah tanpa adanya lengkungan. Garis memiliki panjang yang tak terhingga, karena kedua ujungnya dapat diperpanjang hingga tak terhingga pula.

Artinya, garis tidak memiliki ujung ataupun pangkal. Sehingga secara keseluruhan garis tidak dapat diukur panjangnya.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Tidak Ada Garis?

Mengutip dari Khan Academy, sinar garis adalah garis yang dimulai pada satu titik dan memanjang secara tak terhingga dalam satu arah. Perbedaan sinar garis dan garis adalah jika garis memanjang pada kedua ujungnya, maka sinar garis hanya memanjang di satu ujung saja.

Seperti garis, sinar garis juga sulit diukur. Dikarenakan hanya satu ujung saja yang merupakan titik, sedangkan ujung lainnya memiliki panjang tak terhingga.

Atau sederhananya dapat disebutkan bahwa sinar garis memiliki satu pangkal dengan ujung yang tak terhingga.

Segmen garis

Menyadur dari Study, segmen garis adalah garis dengan titik awal dan titik akhir. Perbedaannya dengan garis adalah segmen garis memiliki ujung dan pangkal berupa dua buah titik yang jelas dan terhingga. Ujung dan pangkal yang jelas membuat segmen garis dapat diukur berapa panjangnya.

Sehingga, selama jika kita mengukutr panjang persegi, panjang jalan, atau panjang suatu bidang, maka yang kita ukur adalah suatu segmen garis.

Baca juga: Sinar X: Pengertian, Proses, Kecepatan, Manfaat, dan Bahayanya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Kami berharap kiranya jawaban dari pertanyaan tentang Tuliskan dan gambarkan yang dimaksud dengan garis lurus dan sinar garis ini ada manfaatnya bagi sobat semuanya.

Andaikan sobat perlu bantuan yang lain,Agan dapat kontak kami via formulir contact us.

Tuliskan dan gambarkan yang dimaksud dengan garis lurus dan sinar garis | admin | 4.5