Obat sakit leher salah tidur

By On Saturday, December 3rd, 2022 Categories : Tanya Jawab

Obat sakit leher salah tidur – Hi sista dan agan semua, Makasih banyak sudah mau datang di web www.situspanda.Com ini. Pagi ini, saya dari situs situspanda mau membagikan info yang menarik yang menampilkan tentang Obat sakit leher salah tidur. Ayo Agan boleh membaca yang di bawah ini:

Bangun tidur dengan sakit leher bukanlah cara yang pasti kamu inginkan untuk memulai hari (Ofc, not!). Akan tetapi, jangan khawatir karena hal menyebalkan dan menyakitkan ini bisa diatasi, kok! 

Dalam artikel ini kita akan melihat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengakhiri sakit leher akibat salah posisi tidur. 

1. Ubah posisi tidur

(Photo by Miriam Alonso on Pexels)

Iya, setiap orang memiliki posisi tidur pilihannya masing-masing. Namun, misalnya saja, kamu tidur dengan posisi tengkurap, tanpa kamu sadari itu bisa membuat leher kamu mungkin miring ke satu sisi selama berjam-jam. Dan, inilah yang bisa membuat otot leher menegang, dan membuatnya terasa sakit dan kaku di pagi hari.

Dikutip dari Healthline, untuk menghindari sakit leher, posisi tidur terbaik adalah telentang atau menyamping. Kedua posisi ini dapat mencegah otot leher menegang daripada posisi tidur tengkurap. 

Mungkin pada awalnya sulit untuk mengubah kebiasaan posisi tidur. Namun, seiring waktu, kamu akan menjadi lebih nyaman dan terbiasa dengan posisi tidur yang lebih baik untuk mencegah sakit leher. 

2. Gunakan bantal yang tepat

Kepala dan leher kamu menghabiskan waktu berjam-jam setiap malam di atas bantal, itulah sebabnya memilih bantal yang tepat adalah kunci untuk leher sehat dan bebas rasa sakit. Bantal yang tidak menopang kepala dan leher dengan baik dapat membuat otot leher tegang dan menyebabkan sakit leher.

Gunakan feather pillow atau memory-foam pillow yang mampu menopang kepala dan leher kamu dengan baik di malam hari agar tetap dalam posisi netral. Ini akan mengakhiri sakit leher di pagi hari akibat salah posisi tidur. 

3. Kompres dingin dan kompres hangat

Diambil dari laman Cleveland Clinic, cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit leher akibat salah posisi tidur adalah dengan mengompres dingin ke bagian leher yang sakit selama 20 menit. Kemudian, lakukan kompres hangat setelahnya ke bagian leher yang sakit selama 20 menit. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, nyeri, menenangkan dan mengendurkan otot leher. 

(Baca Juga: Jadi Lebih Nyenyak, Ini 7 Manfaat Membaca Buku Sebelum Tidur)

4. Pijatan lembut

(Photo by Yan Krukov on Pexels)

Pijatan lembut pada leher yang sakit dapat membantu mengurangi sakit pada leher. Hanya saja, lebih baik kamu meminta bantuan terapis profesional agar otot-otot leher bisa kembali rileks dan tidak nyeri lagi. Ini dilakukan juga untuk menghindari salah pijat yang bisa memperburuk kondisi sakit leher yang sudah kamu alami. 

5. Meregangkan badan (stretching)

Jangan jadikan sakit leher yang kamu alami sebagai alasan kamu bermalas-malasan. Lakukan peregangan badan, atau stretching, untuk membantu merileksasikan otot leher dan mengurangi nyeri. 

Menggerakkan kepala hingga leher ke kanan dan kiri, ke belakang dan ke bawah sebanyak masing-masing 10 kali, dapat membantu merileksasikan otot leher. Namun, hindari gerakan yang terlalu berlebihan, keras, dan menyentak secara tiba-tiba. Bukan tanpa alasan, itu dapat mengakibatkan sakit leher bisa semakin parah. 

6. Batasi aktivitas fisik yang berlebihan

Cara yang bisa dilakukan agar nyeri di leher akibat salah posisi tidur bisa segera sembuh, sebaiknya sementara waktu batasi aktivitas fisik yang terlalu berat dan berlebihan ya. Pasalnya, jika terus dipaksa beraktivitas berat, itu bisa semakin memperburuk nyeri leher dan membuatnya tidak kunjung sembuh. 

7. Obat penghilang rasa sakit 

(Photo by cottonbro on Pexels)

Untuk mengurangi rasa sakit leher yang kamu alami, kamu bisa mencoba minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti ibuprofen. Namun, pastikan kamu mengikuti ajuran konsumsi obat, dan alangkah lebih baiknya untuk konsultasikan dulu dengan dokter, terlebih bagi ibu hamil dan menyusui, serta bagi kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. 

(Baca Juga: 7 Cara Meratakan Perut Buncit Tanpa Olahraga, Apa Saja?)

Inilah beberapa cara mengatasi sakit leher akibat salah tidur yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Supaya masalah salah bantal yang Anda rasakan tidak semakin bertambah parah, coba perbaiki kembali posisi tidur dan pilihan bantal Anda. Salah bantal sering kali terjadi ketika Anda tidur tengkurap. Oleh karena itu sebaiknya hindari tidur dengan posisi ini.

Kemudian coba perhatikan kembali bagaimana kondisi bantal Anda. Jika bantal yang Anda gunakan sangat kaku dan terlalu tinggi, jelas ini akan membuat leher kaku menjadi lebih parah.

Ganti segera dengan bantal berbulu yang lebih empuk dan bentuknya bisa menyesuaikan dengan leher Anda. Jika pilihan bantal yang saat ini Anda gunakan tidak sesuai, mungkin sudah saatnya Anda mengganti bantal baru.

4. Minum obat pereda nyeri

Cara ampuh selanjutnya untuk mengobati salah bantal adalah minum obat pereda nyeri, seperti acetaminophen atau ibuprofen. Pilihan perawatan untuk otot leher yang kaku ini sebenarnya menjadi pilihan terakhir jika cara alami tidak efektif dalam meredakan gejala atau.

Meskipun penggunaan obat ini bebas alias tanpa resep dokter, Anda tidak boleh sembarangan meminumnya. Jadi, selalu baca aturan pakainya dengan teliti. Gunakan obat ini jika gejalanya muncul, dan hentikan pemakaian obat bila sudah membaik.

Perlukah ke dokter karena salah bantal?

pantangan setelah operasi batu empedu

Pada kebanyakan kasus, masalah leher kaku saat bangun tidur bisa hilang dengan sendirinya. Bisa juga pulih lebih cepat dengan menerapkan bebebrapa cara di atas. Namun, tidak semua orang mungkin merasa demikian.

Beberapa di antaranya bisa saja mengalami gejala yang cukup parah atau berlangsung hingga berminggu-minggu. Jika rasa sakit itu membatasi kemampuan Anda menggerakan kepala dan nyeri menjalar hingga ke bahu, sebaiknya segera periksa ke dokter.

Periksa ke dokter semakin penting jika Anda juga mengalami demam dan kelemahan atau mati rasa di lengan. Dalam beberapa kasus, masalah salah bantal yang Anda alami berkaitan dengan radang sendi, infeksi, atau saraf terkompresi.

Pengobatan dan perawatan di rumah akan disesuaikan dengan diagnosis dokter setelah Anda menjalani pemeriksaan.

Apa obat sakit leher karena salah tidur?

Kompres hangat bermanfaat untuk merelaksasikan otot yang tengang serta mengurangi kekakuan pada otot. Hal ini dapat dilakukan dengan mandi air hangat atau menggunakan bantal penghangat. Hindari aktivitas yang membuat otot-otot leher bekerja lebih berat seperti menunduk, menoleh atau mendongakkan leher yang berlebihan.

Apa yang harus dilakukan ketika leher sakit karena salah bantal?

11 Cara Mengatasi Salah Bantal Penyebab Sakit Leher.

Memijat Area yang Sakit. … .

Meregangkan Otot Leher. … .

Mengistirahatkan Otot Leher. … .

Melakukan Gerakan Ringan. … .

Tidak Memutar atau Membunyikan Leher. … .

6. Mengompres Leher yang Sakit. … .

7. Memilih Bantal yang Tepat. … .

Mengonsumsi Obat Pereda Nyeri..

Berapa lama sakit leher salah tidur sembuh?

Sakit leher atau salah bantal biasanya hanya beberapa hari, dan maksimal 1 minggu, setelah itu gejala menghilang. Bila sakit dirasakan lebih dari 1 minggu dan disertai dengan gejala lain, misalnya kesemutan, baal, dll, Anda mungkin mengalami masalah yang lebih serius.

Sakit di bagian leher minum obat apa?

Minum Obat

Konsumsi obat pereda nyeri, seperti acetaminophen atau NSAID, seperti termasuk ibuprofen dan naproxen sodium dapat meringankan rasa sakit akibat leher kaku.

Saya berharap semoga solusi dari pertanyaan mengenai Obat sakit leher salah tidur ini berguna bagi bapak dan ibu semua.

Kalau sobat memerlukan saran lain,sobat dapat kirim pertanyaan kami via form kontak.

Obat sakit leher salah tidur | admin | 4.5