Menjaga keutuhan NKRI merupakan upaya mempertahankan

By On Friday, October 7th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Menjaga keutuhan NKRI merupakan upaya mempertahankan – Apa kabar tante dan om semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke blog situspanda dotcom ini. Di hari yang cerah ini, saya dari web situspanda dot com ingin share pertanyaan dan jawaban yg bagus yang akan menunjukkan tentang Menjaga keutuhan NKRI merupakan upaya mempertahankan. Silahkan tante dan om dapat cek yang di bawah ini:

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Seperti ditandaskan Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, upaya menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), adalah tugas dan tanggungjawab semua. Penandasan tersebut disampaikan Wali Kota Sukabumi, selaku Inspektur Upacara Hari Bela Negara Ke 71 Tingkat Kota Sukabumi dan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019 Pengamanan Natal dan Tahun Baru, di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, 19 Desember 2019.

Hadir pada kesempatan tersebut, unsur Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kota Sukabumi, para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan instansi terkait, para Camat dan Lurah, para Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Wanita dan Pemuda, serta para tamu undangan lainnya.

Ditandaskan pula, momen Hari Bela Negara untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, dalam menjaga keutuhan NKRI. Dengan demikian, semua elemen masyarakat memiliki tanggungjawab yang sama dalam upaya menjaga keutuhan NKRI. Sedangkan dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019, untuk memastikan keamanan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Sukabumi menyampaikan amanat Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Laksamana Madya TNI Achmad Djamaludin, tentang Peringatan Hari Bela Negara Ke 71, dan amanat Kapolri, Jenderal Pol. Idham Azis, tentang Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019.

Selajutnya Wali Kota Sukabumi menjelaskan, dilaksanakannya Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019 ini, untuk menunjukkan kesiapsiagaan dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada momen Natal dan Tahun Baru.

Berkaitan dengan hal tersebut, seperti  disampaikan Kapolri, Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019 ini, dilaksanakan serentak di seluruh jajarannya. Maksud dan tujuannya, untuk memastikan kesiapsiagaan personil dan alat pengamanannya.

Usai Upacara Hari Bela Negara Ke 71 dan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2019 Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Wali Kota Sukabumi beserta unsur Forkopimda Kota Sukabumi, melakukan pemusnahan ribuan botol Miras (Minuman Keras), hasil Operasi Cipta Kondisi Polri Tahun 2019.

Lihat Foto

Hafidz Mubarak A

Pelari jarak jauh putri Triyaningsih mencium bendera saat upacara pengukuhan Kontingen Indonesia untuk SEA Games XXX 2019 di Hall Basket GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (27/11/2019). Upacara tersebut untuk mengukuhkan kontingen Indonesia yang akan bertanding pada SEA Games 2019 di Manila, Filipina dan selanjutnya akan dilepas oleh Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

KOMPAS.com – Setiap warga negara Indonesia berhak dan wajib ikut serta dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hak dan kewajiban tersebut tidak hanya tertuang dalam pasal-pasal UUD 1945 dan harus tercermin disetiap perilaku warganya.

Perilaku yang menmpertahankan kemerdekaan NKRI

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, perilaku warga negara Indonesia harus mencerminkan sikap sebagai berikut:

Cinta tanah air

Cinta tanah air artinya berbakti kepada negara dan bersedia berkorban membela negara. Cinta tanah air menjadi sikap penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial budaya, ekonomi, dan politik bangsa.

Baca juga: Contoh Hak dan Kewajiban di Lingkungan Masyarakat

Cinta tanah air perlu ditanamkan dan dikembangkan dalam jiwa setiap individu sejak dini. Cinta tanah air tercermin dari perilaku:

  1. Melestarikan budaya bangsa
  2. Bangga dengan membeli produk dalam negeri
  3. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  4. Mengikuti segala kegiatan saat memperingati Hari Kemenrdekaan Indoensia pada 17 Agustus.

Membina persatuan dan kesatuan

Semboyan Bhineka Tunggal Ika mencerminkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara Indonesia. Kemajemukan bangsa Indonesia mampu membangun kesatuan bangsa yang kokoh.

Prinsip dari persatuan dan kesatuan di Indoesia yaitu menjadi satu atau tunggal yang menuntut keterpaduan dari kemajemukan bangsa Indonesia.

Baca juga: Bentuk dan Contoh Bela Negara

Sesuai dengan sila ke-3 Pancasila, yaitu Persatuan Indonesia, masyarakat Indonesia harus memiliki sikap membina persatuan dan kesatuan, seperti:

  1. Menolong siapa saja tanpa memandang suku, agama, ras, dan antar golongan.
  2. Berteman dengan siapa saja, karena kita semua itu sama.
  3. Mengikuti kegiatan di lingkungan masyarakat maupun sekola, misalnya gotong royong.

Rela berkorban

Rela berkorban yaitu bersedia dengan senang hati, ikhlas, dan tidak mengharapkan imbalan. Bersedia memberikan segala sesuatu yang dimiliki untuk kepentingan bangsa dan negara.

Sikap yang mencerminkan rela berkorban untuk negara, yaitu:

  1. Siap membel negara ketika dibutuhkan
  2. Mengedepankan kepentingan sosial dibandingkan kepentingan pribadi
  3. Mematuhi tata tertib dan UUD 1945 yang berlaku
  4. Menghindari sikap egois
  5. Melakukan kegiatan kemanusian demi bangsa dan negara

Baca juga: Hak dan Kewajiban Anggota Koperasi

Warga negara Indonesia

Menurut situs resmi Kementerian Luar Negeri, peraturan di Indonesia mengenai Kewarganegaraan sudah tercantum dalam Undang-Undang (UU) Nomor 12 tahun 2006.

Undang-undang tersebut menggati UU Nomor 62 tahun 1958 tentang Kewarganegaaran yang dinilai sudah tidak sesuai dengan perkembangan masyarakat dan tata negara Republik Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Lihat Foto

Pemkab Purwakarta

Cinta NKRI

KOMPAS.com – Persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia didapatkan dengan menegakkan prinsip Bhineka Tunggal Ika. 

Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan bentuk negara yang terdiri atas wilayah yang luas dan terbesar dengan bermacam adat, suku, keyakinan, dan budaya. 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, tujuan dasar NKRI adalah menjadi bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. 

Baca juga: Makna Bhinneka Tunggal Ika dalam Konteks NKRI

Manfaat adanya persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bernegara sebagai berikut: 

  • Keutuhan dan keamanan tetap terjaga
  • Memperkuat jati diri bangsa 
  • Adanya kemajuan bangsa dalam segala bidang 
  • Tercipta suasana tentram dan nyaman 

Contoh sikap dalam mempertahankan NKRI dari ancaman salah satunya adalah menjaga dan melestarikan warisan budaya. 

Dikutip dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, terdapat beberapa sikap mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang lain, di antaranya: 

Cinta tanah air 

Berbakti kepada negara dan bersedia berkorban membela negara. Beberapa sikap atau perilaku cinta tanah air, yakni: 

  • Melestarikan budaya bangsa 
  • Bangga dengan membeli produk dalam negeri Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
  • Mengikuti segala kegiatan saat memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus.
  • Menjaga kelestarian lingkungan 
  • Belajar dengan sungguh-sungguh
  • Menjaga kerukunan antarumat berbangsa

Baca juga: Dampak Positif Perjuangan Pahlawan bagi Kedaulatan NKRI

Rela berkorban 

Bersedia dengan senang hati, ikhlas, dan tidak mengharapkan imbalan. Sikap yang mencerminkan rela berkorban yaitu: 

  • Mengedepankan negara 
  • Mematuhi tata tertib dan UUD 1945 yang berlaku
  • Menghindari sikap egois
  • Melakukan kegiatan kemanusiaan demi bangsa dan negara
  • Mengedepankan kepentingan sosial

Membina persatuan dan kesatuan 

Kemajemukan bangsa Indonesia mampu membangun kesatuan bangsa yang kokoh. Prinsip ini menuntut keterpaduan dari kemajemukan bangsa Indonesia. 

  • Sikap-sikap yang mencerminkan membina persatuan dan kesatuan, adalah: 
  • Menolong siapa saja tanpa memandang suku, agama, ras, dan antar golongan. 
  • Mengikuti kegiatan di lingkungan masyarakat maupun sekolah, misalnya gotong royong.
  • Kerja bakti membersihkan lingkungan bersama
  • Tidak memaksa kehendak orang lain
  • Berteman dengan siapa saja, karena kita semua itu sama. 

Baca juga: Proses Penyelenggaraan Negara dalam Konteks NKRI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berikutnya

Kami berharap semoga jawaban dari pertanyaan mengenai Menjaga keutuhan NKRI merupakan upaya mempertahankan di atas bermanfaat untuk om dan tante semua.

Kalau saja teman perlu bantuan lebih lanjut,teman dapat kontak kami melalui formulir kontak.

Menjaga keutuhan NKRI merupakan upaya mempertahankan | admin | 4.5