Konjungsi temporal yang tepat pada kutipan teks ulasan di bawah ini adalah

By On Tuesday, September 6th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Konjungsi temporal yang tepat pada kutipan teks ulasan di bawah ini adalah – Hallo Agan semua, Selamat datang di situs www.situspanda.Com ini. Malam ini, saya dari situs www.situspanda.Com pengen menampilkan pertanyaan dan jawaban yang bagus yang membahas tentang Konjungsi temporal yang tepat pada kutipan teks ulasan di bawah ini adalah. Sebaiknya Agan boleh melihat yang setelah ini:

Jakarta

Konjungsi temporal adalah salah satu kata hubung yang terdapat dalam suatu susunan kalimat. Konjungsi temporal ini menjelaskan hubungan waktu antar peristiwa. Apa saja contoh konjungsi temporal?

Dalam modul Bahasa Indonesia C Setara SMA/MA Kelas XII karya Ami Rahmawati, S.S, dkk, konjungsi temporal atau kata hubung waktu didefinisikan sebagai kata penghubung yang berfungsi menata urutan peristiwa yang diceritakan.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konjungsi diartikan sebagai ungkapan penghubung (pertemuan) antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat.

Konjungsi temporal sebagai kata hubung mengacu pada waktu, sekaligus berfungsi menjadi penghubung antar bagian dalam teks.

Hubungan antar bagian dalam teks (kohesi) ini sangat penting untuk diperhatikan, agar mampu menciptakan keserasian setiap unsur yang disambungkan.

Karena terciptanya susunan kata yang baik, akan membuat teks tersebut lebih mudah dipahami.

Jenis Konjungsi Temporal

Konjungsi temporal yang menghubungkan dua hal atau peristiwa, terdiri dari dua jenis bagian, yaitu:

1. Konjungsi Temporal Sederajat

Konjungsi temporal yang menghubungkan dua bagian kalimat yang sederajat. Konjungsi sebelumnya dan sesudahnya akan dihubungkan dengan dua derajat. Konjungsi ini tidak dapat diletakkan pada awal maupun akhir kalimat.

Contoh konjungsi sederajat adalah lalu, kemudian, sebelum, setelah, sesudah, dan selanjutnya.

2. Konjungsi Temporal Tidak Sederajat

Konjungsi temporal yang menghubungkan dua peristiwa yang tidak sederajat. Konjungsi temporal tidak sederajat juga bisa diletakkan di awal, tengah, dan akhir kalimat.

Contoh konjungsi temporalnya adalah kata apabila, bila, bilamana, demi, hingga, ketika, sambil, sampai, sedari, setelah, sebelum, sejak, selama, semenjak, sementara, seraya, setelah, sesudah, tatkala, waktu, dan sebagainya.

Contoh Konjungsi Temporal

1. Contoh kalimat konjungsi temporal sederajat

– Andri sampai di sekolah terlebih dahulu sebelum Bayu.

– Sinta merasa sakit kepala, kemudian ia pun bergegas mencari obat.

– Ibu sedang memasak nasi goreng, lalu ibu mencoba mencicipi masakannya.

– Setelah kopi diseduh dalam gelas, kemudian masukkan gula sesuai dengan selera.

– Kumpulan barang bekas yang sudah dibersihkan, selanjutnya akan dibuat menjadi kerajinan.

– Anggi mengikuti pembelajaran matematika di sekolah pagi ini, setelahnya ia memiliki jadwal pelajaran olahraga.

– Dompet Hanif ketinggalan di rumah, lalu ia segera pulang ke rumah untuk mengambilnya.

2. Contoh kalimat konjungsi temporal tidak sederajat

– Tasya sikat gigi terlebih dahulu, sebelum ia tidur.

Ketika aku merasa bosan, aku akan menonton film favoritku.

– Nenek berjanji mengajak Kakak dan Adik untuk berkebun, apabila sekolah sudah libur.

Semenjak kakek meninggal, nenek menjadi sering termenung.

– Ayah bekerja dari pukul 9 pagi hingga 6 sore.

– Andi lebih suka belajar sambil mendengarkan musik.

– Rina membeli tas berwarna merah sementara Susi membeli sepatu.

– Ibu merasa senang ketika Ayah memberikan bunga padanya.

Tatkala Yusuf masih menjadi siswa SMA, ia sering mendapatkan beasiswa.

Selama hujan masih turun deras, Lia akan tetap meneduh.

Nah, itulah pengertian, fungsi, jenis, dan contoh konjungsi temporal. Sekarang detikers sudah memahaminya, kan?

Simak Video “Heboh Juru Bahasa Isyarat HUT Ke-77 RI Ikut Joget ‘Ojo Dibandingke’

(faz/faz)

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

Konjungsi atau kata penghubung biasa kita temukan pada kalimat dalam bahasa Indonesia. Konjungsi berfungsi untuk menghubungkan induk kalimat dan anak kalimat sehingga tercipta kalimat yang saling berhubungan. Terdapat jenis-jenis konjungsi atau macam-macam kata penghubung, dan salah satunya adalah konjungsi penerang. Konjungsi penerang berfungsi untuk menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian di dalam kalimat. Untuk lebih memahami tentang penggunaan konjungsi penerang, berikut adalah beberapa contoh kalimat konjungsi penerang:

  1. Nita mempunyai seorang adik yang sangat cantik yakni Malika.
  2. Kita dapat melakukan pencegahan dari penyakit darah tinggi atau hipertensi yaitu dengan melakukan gaya hidup sehat.
  3. Sangat mudah untuk membuat KTP sekarang ini yakni dengan langsung membawa KK ke Dinas Kependudukan Catatan Sipil.
  4. Ia mengatakan bahwa hari ini hujan mungkin akan turun sehingga kami harus segera pulang sebelum sore.
  5. Vita menjelaskan bahwa acara baru akan dimulai jika seluruh tamu undangan telah datang sedangkan tamu lainnya telah menunggu sejak tadi.
  6. Alat kontrasepsi yang sangat cocok untuk ibu menyusui yaitu suntik KB 3 bulan karena tidak akan mempengaruhi jumlah ASI.
  7. Kami tidak mengetahui bahwa kampus mengadakan acara donor darah yang bekerjasama dengan PMI.
  8. Laptop Lita dipinjam oleh temannya yaitu Sista sejak kemarin siang.
  9. Ayah Doni sedang dinas keluar kota yaitu kota Palembang.
  10. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal tidaklah sulit yakni dengan melakukan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.
  11. Penggunaan pil KB dapat meningkatkan penyakit yang ditakuti oleh banyak wanita, yakni kanker payudara.

Itulah beberapa contoh kalimat konjungsi penerang dalam bahasa Indonesia. Untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam penggunaan konjungsi, Anda dapat membaca artikel contoh kalimat konjungsi temporal, jenis-jenis konjungsi temporal, contoh konjungsi subordinatif konsesif, konjungsi subordinatif, contoh paragraf konjungsi oleh karena itu, berikan contoh kalimat konjungsi sebab akibat, contoh konjungsi koordinatif, korelatif, subordinatif antarkalimat, contoh konjungsi korelatif entah, contoh konjungsi antarkalimat dan antarparagraf, dan contoh paragraf konjungsi adapun. Semoga bermanfaat. Terima kasih.


Surat 2 Ibu Ratna yang baik, Ketika surat ini saya tulis, saya sedang di atas perahu diantar Bapak bersama Pak Guru menuju kecamatan untuk mengikuti l


omba cerdas cermat. Saya bangga mengenakan seragam sekolah yang Ibu kirim untuk kami. Semua buku yang Ibu sediakan buat kami sangat membantu untuk belajar ilmu pengetahuan umum. Bapak juga sudah sadar pentingnya sekolah buat saya. Bapak akan kerja keras supaya saya bisa sekolah di SMA. Ibu Ratna yang baik, hari ini juga saya kehilangan sahabat karena dia harus ikut orang tuanya pindah ke Banjarmasin. Saya sedih, tapi langit biru di atas Danau Jempang telah menghibur hati yang gundah. kedatangan ibu dan mister ke tempat kami membuat saya ingin terus belajar tentang apa saja. kami memang jauh berbeda dipedalaman, kami tak punya cita cita yabg tinggi, kami hanya ingin bisa berbagi ilmu sepertiibu dan mister. kami tak ingin danau yang indah ini digusur oleh oerusahaam batu bara. katena itu kami harus pandai. salam dari Danau Jempang. Diah. simpulkanlah dan isi surat, surat pribadi yang ada diatas ini ​


membuat surat pribadi untuk sekolah terkait lomba​


Warga yang akan keluar rumahsebaiknya berfikir terlebih dahulukarena maraknya Virus Corona.merupakan bagian dari A.ajakan B.opiniC.pendapatD.kesimpula


n​


contoh drama tentang sekolah​


Ada saat mendaftar kerja, anda diminta mengisi formulir tentang diri anda seperti nama, riwayat pendidikan dan alamat. Namun anda tidak diminta untuk


mengisi ukuran sepatu, film favorit atau yang lainnya. kasus tersebut merupakan contoh dari ….


Apa saja jenis jenis kata pendefinisian dalam teks ilmiah?


Aspek sebab-akibat berisi hal berikut ini, kecuali … a. penyebab terjadinya peristiwa b. akibat terjadinya peristiwa c. rangkaian peristiwa d. tangg


apan penulis


Bacalah kalimat kalimat berikut ini 1. bahasa indonesia menyerap kosakata dari bahasa arab terutama yang berkaitan dengan masalah agama, terutama agam


a islam. 2.contoh kosakata hasil penyerapan dari bahasa arab adalah musyawarah, hak, salat, dan taubat. 3. bahasa indonesia juga menyerap kosakata dan istilah bidang teknologi dari bahasa jepang, jerman, korea, dan negara lainnya. 4.kosakata dan istilah teknologi hasil penyerapan dari negara-negara tersebut antara lain komputer, gadget, televisi, internet, dan astronot. 5. tak hanya itu, bahasa indonesia juga menyerap kata dan istilah sekaligus budaya dari negara lain. 6.contoh kosakata hasil penyerapan terakhir antara lain karate, dansa, bakso, mie, dan kimono.simpulan :bahasa indonesia menyerap kosakata dan istilah dari bahasa asing untuk memperkaya perbendaharaan kosakata. Teks di ats menggunakan simpulan …..


quizzz big poin
buatlah puisi berjudul ” sunyi ”
dah itu aja dan sekalian pendaftaran kuy , pilih no beserta tulisannya


Tolong ya Ka
Nanti mau dikumpulin
Terimakasih

Teks ulasan adalah teks yang yang berisi pembahasan ataupun penilaian terhadap suatu buku atau karya-karya lain, yang penafsirannya ditujukan untuk kepentingan orang lain. Salah satu kaidah kebahasaan teks ulasan, yaitu:
 

  • Menggunakan konjungsi penerang, seperti bahwa, yakni, yaitu
  • Menggunakan konjungsi temporal, seperti sejak, semenjak, kemudian, akhirnya.
  • Menggunakan konjungsi penyebab, seperti karena, sebab.
  • Menggunakan pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi pada bagian akhir teks, seperti jangan, harus, hendaknya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Konjungsi penerang merupakan penghubung yang digunakan untuk menjelaskan atau menerangkan suatu kejadian dalam sebuah kalimat. Konjungsi penerang biasanya digunakan pada kalimat langsung yang diubah menjadi kalimat tidak langsung. Konjungsi penerang biasanya menggunakan kata-kata bahwa, yakni, yaitu. Konjungsi penerang pada penggalan teks ulasan di atas adalah bahwa. Hal itu terlihat pada kalimat Hasan merasa bahwa semua itu terjadi karena perbuatan Anwar.

Dengan demikian, konjungsi penerang pada penggalan teks ulasan di atas adalah bahwa. 


bantu jawab iyah jangan sesat​


1. Apa keunikan desa di bali?2. Sikap kita harus bagaimana atas perbedaan budaya dan adat istiadat daerah ku dan daerah lain?TOLONG DIJAWAB YAAA ^^​


Tentukan unsur-unsur drama (tema, alur, penokohan, dialog, latar, amanat, dan bahasa (kalimat langsung, tak langsung, dan kalimat lakuan)) dalam naska


h drama berjudul “menanti” buku paket bahasa indonesia halaman 210, dibuktikan dengan menggunakan contoh kalimat (masing-masing 1 contoh) pada bagian unsur-unsur nya


vokal adalah teknik pengucapan​


Cermati gambar berikut!Buatlah paragraf deskripsi berdasarkan gambar tersebut 2-5 kalimat!Tolong bantu dong soalnya jam 12.30 mau dikirim​


Sebulan yang lalu, teman sebangkumu bernama Ronaldo pindah sekolah ke luar kota karena ayahnya pindah tugas menjadi Kapolsek di Lombok. Pada kesempata


n kali ini kamu akan membuat surat untuknya, tanyakan kabarnya dan hal lainnya lewat surat tersebut. Jadi, intinya kalian buat surat untuk Ronaldo ya! Buat surat sesuai struktur dan kaidah kebahasaannya. Suratnya singkat padat dan buat semenarik mungkin. Tugas ini langsung kalian​


tolong berikan saya 2 pantun , dan mohon jangan dicuri dari Google. sekian makasih ^^​


2.Apa yang terjadi jika kita minum air yang tercemar kuman penyebab penyakit?3.apa yang terjadi pada ikan ikan di sungai yang menjadi tempat pengbuang


an limbah cair dari industri? 4.apa yang dapat kalian simpulkan dari jawaban pertanyaan pertanyaan di atas? tolong plsssss bngggtttt​


bantu jawab 30 menit lagi mau di kumpulkan​


bantu jawab 30 menit lagi mau di kumpulkan​

Video yang berhubungan

Saya berharap bahwa jawaban mengenai Konjungsi temporal yang tepat pada kutipan teks ulasan di bawah ini adalah itu bermanfaat bagi tante dan om semuanya.

Apabila ibu dan bapak perlu bantuan yang lain,bapak dan ibu bisa kontak kami melalui form kontak kami.

Konjungsi temporal yang tepat pada kutipan teks ulasan di bawah ini adalah | admin | 4.5