Kenapa iphone tidak bisa hotspot

By On Monday, October 10th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Kenapa iphone tidak bisa hotspot – Apa kabar Agan semua, Makasih banyak dah mau berkunjung ke web situspanda dot com ini. Sekarang, saya di blog www.situspanda.Com pengen share Q dan A yang oke banget yang menjelaskan tentang Kenapa iphone tidak bisa hotspot. Ini dia teman bisa melihat yang berikut ini:

KOMPAS.com  – iPhone memiliki fitur personal hotspot atau hotspot pribadi yang memungkinkan untuk berbagi koneksi internet ke perangkat lain melalui jaringan WiFi. Untuk mengaktifkan hotspot iPhone, caranya cukup mudah.

Pengguna hanya perlu mengakses menu “Settings” lalu bakal muncul opsi “Hotspot Pribadi”. Setelah opsi “Hotspot Pribadi” diaktifkan, perangkat lain bisa tersambung dengan koneksi internet yang dibagikan iPhone lewat
WiFi.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Kendati cukup mudah, namun dalam beberapa kasus tertentu tak jarang pula dijumpai masalah hotspot iPhone tidak bisa tersambung. Bahkan, opsi “Hotspot Pribadi” yang terdapat di menu “Settings” bisa tidak muncul.

Saat opsi itu tak muncul, berarti perangkat lain tak bakal bisa mendeteksi dan terhubung dengan hotspot iPhone. Lantas, kenapa hotspot pribadi tidak ada di iPhone?

Masalah ini bisa disebabkan lantaran APN (Access Point Name) operator seluler belum diatur di iPhone. APN sendiri berfungsi untuk menghubungkan iPhone dengan paket data internet dari operator seluler, sehingga bisa dipakai menjadi hotspot.

Lalu, bagaimana cara memunculkan personal
hotspot di iPhone? atau bagaimana cara memperbaiki hotspot iPhone yang tidak bisa tersambung secara keseluruhan? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

Cara mengatasi hotspot iPhone yang tidak bisa tersambung

1. Atur APN operator seluler di iPhone

  • Untuk memunculkan opsi hotspot iPhone, caranya buka menu “Settings”
  • Klik opsi “Seluler” untuk mengakses pengaturan jaringan
    seluler.
  • Setelah itu, gulir ke bawah dan klik opsi “Jaringan Data Seluler”.
  • Kemudian, bakal muncul formulir pengisian APN operator seluler.
  • Dalam formulir itu, pada bagian “Data Seluler”, “Pengaturan LTE”, dan “Hotspot Pribadi”, isi kolom APN dengan nama “internet”. Kosongkan kolom “Nama Pengguna” dan “Kata Sandi”.
  • Setelah formulir terisi, kembali ke halaman awal menu “Settings”. Tunggu beberapa saat hingga opsi “Hotspot Pribadi” muncul.
  • Saat muncul, coba
    aktifkan opsi “Hotspot Pribadi” dan mulai sambungkan dengan perangkat lain.

KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengatur APN operator seluler untuk memunculkan opsi Hotspot Pribadi di iPhone.

Baca
juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

2. Restart iPhone

Bila hotspot tetap tidak bisa tersambung, coba juga untuk memuat ulang atau restart iPhone. Caranya, silakan matikan iPhone dan hidupkan kembali. Setelah kembali nyala, aktifkan lagi opsi
“Hotspot Pribadi” dan sambungkan dengan perangkat lain.

3. Update iOS

Versi iOS terbaru umumnya membawa sejumlah perbaikan. Memperbarui atau update iOS dapat jadi salah satu cara untuk memperbaiki sejumlah gangguan, termasuk mungkin hotspot iPhone yang tidak bisa tersambung.

4. Reset pengaturan jaringan

Cara mengatasi hotspot iPhone tidak bisa tersambung yang berikutnya adalah dengan mengembalikan ulang atau reset pengaturan
jaringan iPhone seperti kondisi awal. Caranya, buka menu “Settings” dan pilih opsi “Umum atau “General”.

Setelah itu, gulir ke bawah dan pilih opsi “Transfer atau Atur Ulang iPhone”. Kemudian, klik “Atur Ulang” dan pilih opsi “Atur Ulang Jaringan”. Setelah reset selesai, coba aktifkan lagi opsi “Hotspot Pribadi” dan sambungkan dengan perangkat lain.

Baca juga: iOS 16 Bikin Boros Baterai iPhone? Coba Matikan Fitur Ini

Demikianlah penjelasan seputar empat cara mengatasi hotspot iPhone yang tidak bisa tersambung dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link
https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Hotspot iPhone Anda tidak berfungsi? Kamu tidak sendiri. Sayangnya, masalah jaringan adalah masalah umum di dunia penambatan smartphone.

Jika iPhone Anda gagal mengaktifkan hotspot pribadi Anda, hotspot iPhone Anda tidak dapat ditemukan, atau Anda menghadapi masalah hotspot lainnya. Kami akan melihat cara memperbaiki penambatan iPhone.

Pastikan Penambatan Diaktifkan

Kedengarannya jelas, tetapi apakah Anda yakin bahwa Anda telah
mengaktifkan penambatan di pengaturan iPhone Anda? Bahkan jika sebelumnya diaktifkan, Anda mungkin telah menonaktifkannya secara tidak sengaja melalui Pusat Kontrol, atau mungkin pembaruan iOS mematikannya tanpa sepengetahuan Anda. Jika tidak dinyalakan, hotspot iPhone Anda tidak akan ditemukan.

Untuk memeriksa apakah hotspot pribadi Anda diaktifkan, buka Settings > Cellular > Personal Hotspot dan pastikan sakelar berada di posisi Nyala. Anda akan melihat pesan di bawahnya
yang bertuliskan Now Discoverable, bersama dengan nama jaringan hotspot Anda. Jika tidak diaktifkan, pastikan Anda tahu cara menggunakan fitur hotspot juga.

(Catatan: Nama hotspot persis mencerminkan nama perangkat Anda. Untuk mengubah nama, Anda harus menuju ke Settings > General > About > Name.)

Saat Anda berada dalam pengaturan hotspot, ada baiknya Anda memastikan bahwa kata sandi hotspot Anda benar. Anda dapat mengubah kata sandi hotspot dengan mengetuk
Kata Sandi Wi-Fi.

Jika Pengaturan Penambatan Tidak Tersedia

Untuk alasan yang tidak selalu sepenuhnya jelas, beberapa operator menonaktifkan penambatan pada perangkat mereka. Masalahnya paling umum pada perangkat terkunci yang Anda beli langsung melalui toko operator, tetapi itu bisa terjadi pada ponsel dan tablet yang tidak terkunci.

Masalah ini memanifestasikan dirinya dalam sejumlah cara. Anda mungkin menemukan
bahwa opsi tethering sepenuhnya berwarna abu-abu di menu Pengaturan, atau Anda mungkin melihat pesan di layar yang bertuliskan Untuk mengaktifkan hotspot pribadi pada akun ini, hubungi [operator]. Seringkali, akan ada roda berputar di sampingnya.

Terkadang, pencarian cepat pada FAQ operator Anda akan menyelesaikan masalah. Solusinya mungkin sesederhana mengirim SMS ke operator Anda untuk mengaktifkan pengaturan.

Data APN yang hilang juga bisa menjadi penyebabnya. Jika Anda tahu
kode, Anda dapat menambahkannya dengan masuk ke Settings > Cellular > Cellular Data Options > Cellular Network > APN Settings.

Namun, pada beberapa kesempatan, operator mungkin secara permanen menonaktifkan opsi pada akun Anda. Untuk informasi lebih lanjut, Anda harus menghubungi tim dukungan operator Anda dan menyampaikan masalahnya.

Daya Siklus Perangkat Anda

Itu selalu layak mengikuti saran lama mematikan dan menghidupkan perangkat
Anda lagi jika hotspot iPhone Anda tidak berfungsi. Untuk solusi yang lebih cepat, Anda dapat mencoba menyalakan mode pesawat saja. Aktifkan, tunggu 10 detik, lalu nonaktifkan lagi.

Anda juga harus mencoba menghidupkan daya perangkat yang sedang Anda coba sambungkan ke hotspot iPhone Anda. Ingat, masalahnya mungkin dengan perangkat lain, bukan dengan iPhone Anda.

Coba Metode Koneksi Lain

Sebagian besar orang beranggapan bahwa untuk menggunakan hotspot
pribadi, Anda perlu menggunakan koneksi Wi-Fi. Itu tidak benar. Anda juga dapat menggunakan Bluetooth atau bahkan kabel USB yang dapat dipercaya untuk melakukan koneksi.

Baca Juga

Dengan mencoba metode koneksi hotspot alternatif,
Anda dapat mengesampingkan (atau membuat!) Masalah dengan perangkat keras Wi-Fi ponsel Anda. Untuk menggunakan metode koneksi yang berbeda, Anda masih harus mengaktifkan hotspot pribadi Anda di  Settings > Cellular > Personal Hotspot.

Jika Anda mencoba menggunakan Bluetooth, Anda harus memasangkan iPhone Anda dengan komputer atau perangkat seluler yang Anda coba bagikan hotspot dengannya. Pada iPhone, itu berarti Anda harus pergi ke Settings > Bluetooth dan ketuk nama
perangkat yang dimaksud.

Menggunakan kabel USB untuk menghubungkan ke hotspot sama mudahnya dengan menghubungkan ponsel Anda ke komputer dan memilih hotspot dari daftar jaringan yang tersedia. USB juga diuntungkan dengan jenis koneksi tercepat. Jika kecepatan penting bagi Anda, ini adalah solusi terbaik.

Reset Pengaturan Jaringan

iOS menawarkan cara bawaan untuk menghapus data pengguna dan mengembalikan pengaturan ke default pabrik. Namun, Anda juga dapat
mengambil pendekatan yang lebih terperinci dengan hanya menghapus jenis data tertentu.

Jika hotspot pribadi iPhone Anda tidak berfungsi, Anda hanya perlu menghapus
pengaturan jaringan. Untuk melakukannya, buka Settings > General > Reset > Reset Network Settings. Anda harus memasukkan kode sandi sebelum telepon memungkinkan Anda melanjutkan.

Proses reset akan menghapus semua pengaturan Wi-Fi dan operator Anda dan menghapus nama iPhone kustom Anda. Ini akan memberi Anda papan tulis kosong untuk memastikan tidak ada pengaturan jaringan yang salah yang menyebabkan masalah hotspot.

Keluar dari iCloud

Beberapa orang juga mengklaim bahwa keluar dari akun iCloud Anda dapat menyelesaikan hotspot pribadi yang tidak berfungsi. Tidak jelas mengapa melakukan hal itu akan memperbaiki masalah jaringan, tetapi layak dicoba jika tidak ada lagi yang menyelesaikannya.

Untuk keluar dari akun iCloud Anda, buka Settings > [Username] > Sign
Out
. Pastikan Anda masuk kembali ke akun Anda untuk mengaktifkan kembali layanan.

Atur Ulang iPhone Anda

Solusi terakhir adalah menghapus sistem operasi bersama dengan semua data pengguna Anda dan mengatur ulang seluruh iPhone.

Anda dapat pergi ke Settings > General > Reset > Erase All Content and Settings untuk memulai proses. Atau, Anda juga dapat mencapai hasil yang sama dengan menggunakan iTunes. Buka aplikasi di komputer Anda dan
navigasikan ke [iPhone name] > Summary > Restore iPhone. Pastikan Anda telah mencadangkan iPhone Anda sebelum melakukan ini sehingga Anda tidak kehilangan apa pun. Lihat panduan kami cara backup iPhone atau iPad

Baca Juga

Kenapa ga ada hotspot di iPhone?

Masalah hilang atau tidak munculnya hotspot dapat terjadi karena pengaturan jaringan seluler yang tidak tepat. Selain itu, bisa juga karena ada yang hilang setelah melakukan pembaruan serta tidak didukung oleh paket nirkabel perangkat iPhone untuk kebutuhan hotspot.

Bagaimana Cara Aktifkan hotspot iPhone?

Cara Paling Mudah Mengaktifkan Hotspot di iPhone.

Cara Mengaktifkan Hotspot di iPhone..

Buka “Pengaturan”.

Lalu pilih “Seluler” dan “Hotspot Pribadi atau Pengaturan”.

Kemudian, ketuk “Hotspot Pribadi”.

Ketuk penggeser di samping “Izinkan Akses”.

Bagaimana cara mengatasi hotspot tidak bisa nyala?

Mengutip dari laman Carlcare, ada berbagai cara untuk mengatasi hotspot tidak bisa diaktifkan di Android ..

Pastikan koneksi internet berjalan dengan baik..

Matikan pengaturan Wifi lalu hidupkan kembali..

Menghidupkan ulang handphone kamu..

Membuat ulang pengaturan hotspot..

Kenapa hotspot di iPhone 7 tidak bisa?

Pertama-tama yang harus Anda lakukan tentunya menyalakan iPhone 7 dan 7 Plus serta membuka menu “Settings”. Lihat di bawah opsi “Cellular”, biasanya akan terlihat opsi Hotspot di bawahnya. Namun, di iPhone 7 dan 7 Plus, opsi tersebut menghilang.

Saya harap semoga solusi mengenai Kenapa iphone tidak bisa hotspot itu bermanfaat bagi om dan tante semuanya.

Apabila sobat memerlukan saran lainnya,ibu dan bapak bisa kontak kami lewat formulir kontak kami.

Related:

cusrom oppo f1s
Kenapa iphone tidak bisa hotspot | admin | 4.5