Jelaskan arti penting pendidikan bagi diri kalian dan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara

By On Monday, September 26th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Jelaskan arti penting pendidikan bagi diri kalian dan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara – Hi Agan semua, Selamat datang di web situspanda dot com ini. Saat ini, kita dari web site situspanda pengen berbagi info yg keren yang akan menunjukkan tentang Jelaskan arti penting pendidikan bagi diri kalian dan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebaiknya bapak dan ibu dapat mengecek yang di bawah ini:

Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter? Pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha manusia secara sadar dan terencana untuk mendidik dan memberdayakan potensi peserta didik guna membangun karakter pribadinya sehingga dapat menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri kearah hidup yang lebih baik.

Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti character education, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

Menurut T. Ramli, pengertian pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengedepankan esensi dan makna terhadap moral dan akhlak sehingga hal tersebut akan mampu membentuk pribadi peserta didik yang baik.

Menurut Thomas Lickona, pengertian pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti.

Menurut John W. Santrock, character education adalah pendidikan yang dilakukan dengan pendekatan langsung kepada peserta didik untuk menanamkan nilai moral dan memberi kan pelajaran kepada murid mengenai pengetahuan moral dalam upaya mencegah perilaku yang yang dilarang.

Menurut Elkind, pengertian pendidikan karakter adalah suatu metode pendidikan yang dilakukan oleh tenaga pendidik untuk mempengaruhi karakter murid. Dalam hal ini terlihat bahwa guru bukan hanya mengajarkan materi pelajaran tetapi juga mampu menjadi seorang teladan.

Fungsi Pendidikan Karakter

Secara umum fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter seorang peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermoral, berakhlak mulia, bertoleran, tangguh, dan berperilaku baik.

Adapun beberapa fungsi pendidikan karakter adalah sebagai berikut;

Untuk mengembangkan potensi dasar dalam diri manusia sehingga menjadi individu yang berpikiran baik, berhati baik, dan berperilaku baik.

Untuk membangun dan memperkuat perilaku masyarakat yang multikultur.

Untuk membangun dan meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam hubungan internasional.

Character education seharusnya dilakukan sejak dini, yaitu sejak masa kanak-kanak. Pendidikan ini bisa dilakukan di lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan, serta memanfaatkan berbagai media belajar.

Tujuan Pendidikan Karakter

Pada dasarnya tujuan utama pendidikan karakter adalah untuk membangun bangsa yang tangguh, dimana masyarakatnya berakhlak mulia, bermoral, bertoleransi, dan bergotong-royong.

Untuk mencapai tujuan tersebut maka di dalam diri peserta didik harus ditanamkan nilai-nilai pembentuk karakter yang bersumber dari Agama, Pancasila, dan Budaya. Berikut adalah nilai-nilai pembentuk karakter tersebut:

Kejujuran

Sikap toleransi

Disiplin

Kerja keras

Kreatif

Kemandirian

Sikap demokratis

Rasa ingin tahu

Semangat kebangsaan

Cinta tanah air

Menghargai prestasi

Sikap bersahabat

Cinta damai

Gemar membaca

Perduli terhadap lingkungan

Perduli sosial

Rasa tanggungjawab

Religius

Pentingnya Pendidikan Karakter

Seperti kita ketahui bahwa proses globalisasi secara terus-menerus akan berdampak pada perubahan karakter masyarakat Indonesia. Kurangnya pendidikan karakter akan menimbulkan krisis moral yang berakibat pada perilaku negatif di masyarakat, misalnya pergaulan bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang, pencurian, kekerasan terhadap anak, dan lain sebagainya.

Menurut Thomas Lickona, setidaknya ada tujuh alasan mengapa character education harus diberikan kepada warga negara sejak dini, yaitu;

Ini merupakan cara paling baik untuk memastikan para murid memiliki kepribadian dan karakter yang baik dalam hidupnya.

Pendidikan ini dapat membantu meningkatkan prestasi akademik anak didik.

Sebagian anak tidak bisa membentuk karakter yang kuat untuk dirinya di tempat lain.

Dapat membentuk individu yang menghargai dan menghormati orang lain dan dapat hidup di dalam masyarakat yang majemuk.

Sebagai upaya mengatasi akar masalah moral-sosial, seperti ketidakjujuran, ketidaksopanan, kekerasan, etos kerja rendah, dan lain-lain.

Merupakan cara terbaik untuk membentuk perilaku individu sebelum masuk ke dunia kerja/ usaha.

Sebagai cara untuk mengajarkan nilai-nilai budaya yang merupakan bagian dari kerja suatu peradaban.

Dari penjelasan tersebut kita menyadari bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi setiap orang. Dengan begitu, maka para guru, dosen, dan orang tua, sudah seharusnya senantiasa menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada anak didiknya.

Pendidikan adalah suatu proses pembelajaran mengenai pengetahuan dan keterampilan yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pendidikan dapat diperoleh bagi setiap orang dimulai dari kecil sampai tua. Pendidikan sangat penting bagi semua orang yang bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri. Dengan semakin bertumbuh dan berkembang setiap individu bisa memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Pendidikan dapat dilakukan dimana saja seperti pendidikan formal, pendidikan yang dilakukan di sekolah atau disebut dengan pendidikan terstruktur. Selain itu juga ada pendidikan non formal, pendidikan tersebut dilakukan di luar pendidikan formal contohnya lembaga kursus (bimbel), lembaga pelatihan (extracurricular), kelompok belajar, dan lain-lainnya. Ada juga pendidikan informal, pendidikan yang didapatkan dalam keluarga ataupun lingkungan sekitar.

Generasi Muda merupakan garda terdepan dalam membangun bangsa dan sebagai generasi penerus bangsa, dimana generasi sekarang harus memiliki kemampuan dan pengetahuan yang lebih luas untuk kedepannya. Selain itu pendidikan juga sangat berperan penting dalam memajukan negara untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Alasan lain mengapa pendidikan penting adalah untuk menciptakan jiwa nasionalisme. Semakin sedikit generasi yang menjalankan pendidikan maka semakin sedikit generasi yang memiliki jiwa nasionalisme.

Nasionalisme adalah rasa memiliki bangsa dan negara, jika rasa nasionalisme semakin sedikit dapat menyebabkan generasi muda yang tidak peduli akan bangsa dan negara kedepannya. Selain itu juga untuk membangun karakter generasi muda, pendidikan karakter ini sangat penting karena mengajarkan kita mengenai norma kesopanan, norma keagamaan, dan norma-norma lainnya. Dengan mengikuti semua norma tersebut generasi muda akan memiliki karakter yang kuat dimana diperlukan untuk membangun masa depan.

4 Alasan Pentingnya Pendidikan Sekolah untuk Generasi Muda

Melalui PIP atau Program Indonesia Pintar, pemerintah terus mengupayakan agar wajib belajar 12 tahun terlaksana untuk semua anak di Indonesia. Ini bukan tanpa alasan, karena pendidikan merupakan salah satu aspek penting untuk para penerus bangsa. Lantas, apa saja pentingnya pendidikan bagi generasi muda ini? Yuk simak selengkapnya pada ulasan berikut.

1. Menciptakan Generasi Unggul Penerus Bangsa

Pendidikan di sekolah memiliki andil yang begitu besar dalam memberantas kebodohan. Karena kebodohan ini berasal dari ketidaktahuan dan sempitnya wawasan yang dimiliki. Tentu jika tidak ingin menjadi bangsa yang tertinggal, maka generasi muda harus melawan kebodohan yang merupakan musuh nyata ini. Dengan mengenyam pendidikan di sekolah, maka anak yang mulanya tidak tahu akan menjadi tahu, wawasan menjadi luas, dan ilmu yang diperoleh juga bertambah. Hal ini pada akhirnya akan membantu menciptakan generasi unggul penerus bangsa yang ahli dalam berbagai bidang.

2. Wadah Memperdalam Suatu Ilmu Pengetahuan

Pendidikan bisa menjadi wadah bagi setiap orang untuk memperdalam suatu bidang ilmu. Jika tidak difasilitasi oleh pendidikan yang layak, ilmu yang dimiliki oleh seseorang bisa saja hanya sebatas itu tanpa dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Lain halnya jika seseorang tersebut memiliki kesempatan untuk memperdalam ilmu yang disukainya.

Maka Ilmu yang didapat ini bisa digunakan untuk memecahkan masalah yang terjadi di masyarakat luas, sehingga pada akhirnya pendidikan suatu ilmu terkait akan memiliki dampak positif untuk banyak orang.

Baca juga: Pastikan Pendidikan Anak Terlindungi di Masa Depannya

3. Sebagai Sarana Informasi dan Pemahaman

Tidak bisa dipungkiri bahwa zaman selalu berubah dari waktu ke waktu. Untuk itu, perlunya setiap anak untuk terus belajar agar mengikuti perkembangan zaman. Manfaat pendidikan di sini adalah untuk memberikan informasi serta pemahaman yang sudah ada serta yang terkini pada semua peserta didik. Jika tidak mengetahui informasi terkini mengenai dunia sekarang, maka bukan tidak mungkin jika para generasi muda penerus bangsa ini akan membuat negara menjadi tertinggal dari negara lain.

4. Membangun Karakter

Pentingnya pendidikan bagi generasi muda tidak hanya memberikan informasi dan memperdalam ilmu pengetahuan. Namun, pendidikan sekolah juga dapat membangun karakter pada diri generasi muda. Pendidikan karakter sendiri termasuk aspek yang penting, karena mengajarkan norma keagamaan, kesopanan, serta norma norma lainnya. Mengetahui dan bergerak berlandaskan norma norma akan membuat para generasi muda memiliki karakter kuat. Di mana karakter ini akan sangat diperlukan dalam membangun serta memajukan bangsa. Sebab, mengandalkan akal cerdas dan otak pintar saja tidak cukup untuk membuat negara menjadi maju tanpa adanya karakter yang baik pada diri setiap orang.

Baca juga: Yuk, Kenali Apa itu Asuransi Perlindungan Pendidikan Anak dan Cara Memilihnya

5. Menciptakan Jiwa Nasionalisme

Nasionalisme merupakan rasa memiliki negara ini dan menjadi bagian dari bangsanya. Tanpa adanya rasa nasionalisme, suatu negara akan mudah sekali untuk diadu domba dan menjadi hancur. Dalam hal ini, semakin sedikit generasi yang mengenyam pendidikan maka akan semakin sedikit pula yang mempunyai jiwa nasionalisme. Jika sudah begitu, masyarakat akan memiliki sifat acuh terhadap masa depan bangsa. Padahal hal sangat merugikan dan sebaiknya tidak terjadi.

Hal tersebut tentu dapat menunjukkan betapa pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Karena itu, rasa nasionalisme ini juga akan dibentuk saat berada di jenjang pendidikan sekolah maupun Perguruan Tinggi. Banyak sekali alasan pentingnya pendidikan untuk generasi muda. Inilah mengapa pemerintah terus gencar melaksanakan program wajib belajar selama 12 tahun.

Agar setiap anak di Indonesia bisa mendapatkan pendidikan yang layak, dan pada akhirnya bisa memperbaiki kehidupannya sendiri maupun berkontribusi untuk bangsa dan negara. Pastikan anak Anda juga mendapatkan pendidikan yang layak dengan memberikan perlindungan untuk pendidikannya bersama asuransi perlindungan pendidikan anak Garda Edu.

Saya berharap semoga jawaban dari pertanyaan tentang Jelaskan arti penting pendidikan bagi diri kalian dan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara itu bermanfaat untuk ibu dan bapak semua.

Nah kalau om dan tante butuh bantuan yang lain,bapak dan ibu dapat kontak saya via form contact us.

Jelaskan arti penting pendidikan bagi diri kalian dan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara | admin | 4.5