Gerakan-gerakan dalam senam irama mempunyai fungsi untuk melatih

By On Tuesday, September 13th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Gerakan-gerakan dalam senam irama mempunyai fungsi untuk melatih – Apa khabar tante dan om semua, Makasih banyak sudah mau datang di web situspanda dot com ini. Pagi ini, saya dari blog situspanda pengen sharing pertanyaan dan jawaban yg mantab yang membahas tentang Gerakan-gerakan dalam senam irama mempunyai fungsi untuk melatih. Langsung saja om dan tante dapat lihat yang di bawah ini:

Seiring waktu, latihan senam ini bisa membantu Anda menjaga kekuatan tulang sejak dini dan menghindari berbagai risiko kerusakan. Menahan beban tubuh selama senam secara tidak langsung membantu mencegah terkena osteoporosis pada usia lanjut.

Oleh karena itu, pesenam usia prapubertas seperti dalam jurnal Osteoporosis International bisa mendapatkan efek mineralisasi tulang dengan pola aktivitas fisik tertentu. Namun, penelitian ini juga menunjukkan peningkatan kadar hormon yang menghambat pembentukan tulang, yakni sclerostin dan preadipocyte factor-1 (pref-1) sehingga memerlukan studi lebih lanjut.

3. Mencegah serangan penyakit

Senam ritmik termasuk olahraga kardio yang baik untuk menjaga kesehatan jantung serta paru. Menjaga kebugaran tubuh adalah salah satu kunci menurunkan risiko kemunculan berbagai penyakit, seperti asma, kanker, obesitas, penyakit jantung, serta diabetes.

Selain mencegah, beraktivitas fisik rutin juga bisa membantu mengelola penyakit kronis. Seperti dikutip dari Mayo Clinic, latihan fleksibilitas seperti senam irama bisa menjaga kekuatan otot dan sendi, serta mengurangi rasa sakit akibat radang sendi.

Olahraga teratur juga bisa meningkatkan kualitas hidup penderita kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Untuk merasakan manfaat senam ini, tentu Anda juga perlu mengimbanginya dengan menjalani gaya hidup sehat dan menjaga asupan makanan nutrisi seimbang.

4. Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat senam ritmik juga tak kalah baik untuk meningkatkan fungsi kognitif otak, terutama dalam mempertajam konsentrasi, fokus, dan daya ingat. Olahraga senam juga mampu memelihara kesehatan jiwa Anda secara keseluruhan.

Dalam hal ini, senam irama bisa membantu tubuh menurunkan kortisol dan epineprin, yang merupakan dua jenis hormon pemicu stres. Sebagai gantinya, berolahraga juga akan meningkatkan kadar hormon norepinefrin yang berfungsi sebagai antidepresan.

Risiko cedera saat berolahraga senam irama

Selain dari manfaatnya, tentu tetap ada risiko yang menyertai olahraga senam ritmik. Semakin sulit gerakan senam, maka semakin tinggi pula risiko cedera. Terutama bagi pemula yang ingin mengikuti gerakan pesenam profesional dengan jam terbang tinggi.

Gerakan senam irama memang tampak indah dan mengagumkan. Anda mungkin tak sabar untuk menirunya. Apabila Anda tidak berhati-hati melakukannya, tentu akan menimbulkan risiko cedera seperti terkilir atau keseleo.

Aksi senam irama yang terlihat indah membutuhkan keterampilan khusus yang harus Anda asah terus lewat latihan. Perlu Anda pahami bahwa untuk bisa melakukan gerakan senam yang sulit, atlet profesional sudah lebih dulu melakukan latihan intens selama bertahun-tahun.

Jika Anda baru mulai mencoba senam ini, mulailah dengan perlahan dan pilih gerakan dasar terlebih dulu. Ketika sudah terbiasa, Anda baru bereksplorasi mencoba gerakan lainnya.

Tips aman untuk melakukan senam irama

Mengingat ada berbagai manfaat senam irama yang bisa Anda peroleh, sebenarnya sah-sah saja untuk menjadikannya salah satu latihan rutin untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, pastikan Anda mengetahui aturan keamanan dan keselamatannya sebelum mencoba.

Alih-alih berhasil, kurangnya keseimbangan saat melakukan senam irama justru bisa membuat Anda mengalami cedera.

Maka itu, pastikan Anda menaati seluruh aturan keamanan dalam melakukan senam irama seperti berikut ini.

  • Berlatih hanya dengan instruktur atau pelatih senam irama yang sudah terampil di bidangnya. Sehingga setidaknya Anda dapat menjamin keselamatan diri saat melakukan gerakan senam.
  • Hanya lakukan gerakan senam irama di area latihan yang memadai. Area latihan biasanya dilengkapi dengan alas yang berisi pegas, bantalan penjaga, serta dilapisi dengan alas empuk guna mencegah terjadinya cedera saat terjatuh.
  • Jangan pernah mencoba gerakan baru atau berisiko tinggi tanpa pengawasan instruktur atau pelatih senam.

Ilustrasi Senam Irama. Unsplash

Bola.com, Jakarta – Senam irama merupakan satu di antara jenis olahraga yang menggunakan irama atau latar lagu dalam setiap gerakannya. Setiap gerakannya sudah didesain sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan senam yang indah dan tertata rapi.

Senam irama cukup populer di kalangan banyak orang. Bahkan sudah jadi aktivitas rutin yang dilakukan setiap minggu di sekolah-sekolah, kantor, hingga rumah sakit.

Senam irama digagas oleh Francois Delsarte, Jean-Georges Noverre, dan Rudolf Bobe pada abad ke-18. Kemudian, Peter Henry Ling, Catharine Beecher, dan Hinrich Medau mengembangkan gerakan ini hingga jadilah senam irama yang kita kenal sekarang.

Gerakan senam irama terdiri dari pemanasan, inti, dan pendinginan. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi, keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama.

Senam irama juga bisa dilakukan dengan alat lainnya, seperti ganda, simpai, tongkat, bola, dan topi, serta bisa juga dilakukan tanpa menggunakan alat.

Jenis senam ini memiliki kelebihan tersendiri karena di samping berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh, kita bisa bisa mengekspresikan diri, yang baik baik untuk mental maupun fisik.

Berikut manfaat yang didapat ketika kamu melakukan senam irama, seperti dirangkum dari Dokter Sehat, Sehat Q, dan Hello Sehat, Kamis (9/7/2020).

ilustrasi menghitung kalori. /pexels

1. Membakar lemak dan kalori

Sama seperti senam pada umumnya, manfaat yang ada pada senam irama bisa membantu membakar kalori dan lemak yang berlebih. Di setiap gerakannya membutuhkan keluwesan, keseimbangan fisik, serta kelincahan para pesenam supaya sesuai dengan irama lagu yang mengirinya.

Ketika melakukan senam irama, fisik selalu bergerak dan hampir tidak terputus dari gerakan senam satu ke gerakan senam lainnya.

2. Menguatkan Otot

Senam irama mampu menguatkan jaringan otot pada tubuh. Melakukan senam irama, secara otomatis mampu membuat otot-otot jadi lebih lentur dan kuat.

Ketika otot menjadi lentur dan kuat, mampu meningkatkan jangkauan gerak tubuh, mencegah tubuh mengalami kaku dan cedera saat melakukan aktivitas berat.

Ilustrasi kesehatan otak. (sumber: istockphoto)

3. Mengoptimalkan fungsi otak

Senam irama bisa mengoptimalkan dan merawat fungsi otak. Gerakannya yang diiringi dengan alunan lagu diklaim efektif menurunkan kadar hormon epineprin dan kortisol.

Kedua hormon ini adalah penyebab pemicu timbulnya stres untuk kemudian diganti dengan antidepresan berupa norepineprin. Selain itu, kamu dapat terhindar dari penyakit-penyakit kognitif seperti Alzheimer.

4. Mengatasi stres

Stres adalah kondisi alamiah, namun bisa menimbulkan komplikasi serius bagi kesehatan tubuh. Stres tidak bisa dihindari dan semua orang pasti pernah mengalaminya.

Penyebab stres cukup beragam, entah karena urusan pekerjaan, keluarga, asmara, dan sebagainya. Jika kamu mengalami stres berlarut-larut bisa mengganggu kesehatan.

Melakukan senam irama bisa menjadi opsi pilihan mengatasi stres. Ketika melakukannya, kamu akan mendapatkan suasana riang dan penuh energi yang dihasilkan dari kegiatan senam irama sehingga stres yang dialami mereda.

Ilustrasi jantung.

5. Menyehatkan kerja jantung

Senam irama dilakukan dengan mengikuti alunan musik yang mengiringinya. Ada kalanya lagu berada dalam tempo lambat, maka gerakan senam ikut melambat dan mengandalkan keluwesan tubuh.

Sebaliknya, saat musik berada pada irama yang cepat, gerakan senam menjadi cepat dan mengandalkan kelincahan. Hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena gerakan senamnya seimbang antara pelan dan cepat.

Pasalnya, jantung akan memompa darah lebih cepat jika gerakan senam lincah, dan sebaliknya. Itulah mengapa, biasanya orang yang melakukan manfaat senam irama untuk fisik mental dan sosial akan memiliki kesehatan jantung yang baik.

6. Menyehatkan tulang

Ketika melakukan senam irama, secara langsung akan melatih kekuatan dan kesehatan tulang. Memiliki tulang yang kuat dan sehat berguna untuk menopang beban beratmu dalam menjalani aktivitas harian.

Jika kamu memiliki masalah pada tulang, kemungkinan di masa yang akan dirimu mendapatkan sejumlah masalah kesehatan.

Saat melakukan gerakan senam irama, kamu dapat terhindar dari penyakit tulang seperti osteoporosis.

Sumber:  Dokter Sehat, Sehat Q, Hello Sehat

Saya berharap semoga solusi dari pertanyaan mengenai Gerakan-gerakan dalam senam irama mempunyai fungsi untuk melatih itu berguna bagi om dan tante semuanya.

Nah kalau anda membutuhkan saran lebih lanjut,sobs bisa kirim pertanyaan kita via form contact us.

Gerakan-gerakan dalam senam irama mempunyai fungsi untuk melatih | admin | 4.5