Fauna tipe Asiatis adalah? | .com

By On Wednesday, June 15th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Fauna tipe Asiatis adalah? | .com – Apa kabar bapak dan ibu semua, Thanks dah mau datang ke web situspanda ini. Pagi ini, saya dari situs situspanda dotcom akan berbagi tips yg wokeh yang menjelaskan tentang Fauna tipe Asiatis adalah? | .com. Kami persilakan om dan tante bisa cek dibawah ini:

Fauna tipe Asiatis adalah?

  1. Komodo
  2. Badak
  3. Burung Maleo
  4. Anoa
  5. Semua jawaban benar

Jawaban: B. Badak

Penjelasan:

Persebaran fauna di Indonesia. Secara garis besar pembagian fauna di wilayah Indonesia ditentukan berdasarkan garis Wallace dan Weber terbagi menjadi tiga, yaitu fauna bagian barat (tipe fauna Asiatis), bagian tengah (tipe peralihan Asiatis-Australis), dan bagian timur (tipe fauna Australis).

Fauna tipe asiatis yang terdapat di Indonesia antara lain gajah, harimau, dan kera. Fauna tipe peralihan yang terdapat di Indonesia antara lain komodo, anoa, dan babi rusa. Sedangkan fauna tipe australis yang terdapat di Indonesia antara lain burung cendrawasih, burung kasuari, dan kuskus. Persebaran ketiga jenis fauna tersebut dibatasi oleh garis wallacea dan garis weber.

Flora dan fauna di dunia tersebar tidak merata. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor berikut:

  1. Klimatik, yaitu faktor persebaran yang dipengaruhi oleh kondisi iklim, seperti curah hujan, tekanan udara, dan angin.
  2. Edafik, yaitu faktor persebaran yang dipengaruhi oleh kondisi tanah, seperti kandungan unsur hara dan jenis tanah.
  3. Morfologi, yaitu faktor persebaran yang dipengaruhi oleh bentuk muka bumi, seperti dataran tinggi dan dataran rendah.
  4. Biotik, yaitu faktor persebaran yang dipengaruhi oleh makhluk hidup, seperti mikroorganisme.

Perlu kamu ketahui bahwa persebaran flora dan fauna di Indonesia dibatasi oleh dua garis khayal, yaitu

  1. Garis wallace, merupakan garis khayal yang membatasi jenis flora dan fauna tipe asiatis dan tipe peralihan. Garis wallace terletak di sepanjang Selat Lombok hingga Selat Makassar.
  2. Garis weber, merupakan garis khayal yang membatasi jenis flora dan fauna tipe peralihan dan tipe australis. Garis weber terletak di sepanjang selatan Timor, Laut Banda, hingga Laut Maluku.

Persebaran fauna di Indonesia lebih disebabkan karena kondisi geologis Indonesia. Berikut ini merupakan persebaran fauna di Indonesia:

  1. Fauna tipe asiatis, merupakan fauna yang tersebar di wilayah Sumatera, Kalimantan, jawa, dan Bali. Contoh fauna tipe asiatis adalah orang utan, gajah, dan banteng.
  2. Fauna tipe peralihan, merupakan fauna yang tersebar di wilayah Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku. Contoh fauna tipe peralihan adalah burung maleo, komodo, dan anoa.
  3. Fauna tipe australis, merupakan fauna yang tersebar di wilayah Papua. Contoh fauna tipe australis adalah burung cendrawasih, burung kakatua, dan kangguru.

Dari uraian di atas maka jawaban yang tepat untuk pertanyaan Fauna tipe Asiatis adalah? adalah (B. Badak)

Saya berharap kiranya solusi dari pertanyaan mengenai Fauna tipe Asiatis adalah? | .com di atas ada manfaatnya untuk sobs semua.

Siapa tahu Agan dan sista perlu bantuan lainnya,Agan bisa kontak kita lewat form kontak kami.

Fauna tipe Asiatis adalah? | .com | SitusPanda | 4.5