Cara menghidupkan hp oppo yang mati total tanpa tombol power dan volume

By On Wednesday, August 31st, 2022 Categories : Tanya Jawab

Cara menghidupkan hp oppo yang mati total tanpa tombol power dan volume – Apa kabar om dan tante semua, Makasih banyak dah mau berkunjung ke situs situspanda ini. Pagi ini, saya dari portal situspanda dotcom pengen berbagi pertanyaan dan jawaban yang mantab tentang Cara menghidupkan hp oppo yang mati total tanpa tombol power dan volume. Langsung saja Agan dan sista bisa baca yang berikut ini:

Tombol power HP rusak dan tidak berfungsi? Berikut kumpulan cara menghidupkan HP Android tanpa tombol power yang bisa kamu coba (update 2022).

Kerusakan pada smartphone tentu sudah menjadi hal wajar. Salah satunya yang paling sering dialami, yaitu tombol power HP rusak. Lalu, adakah cara menghidupkan HP tanpa tombol power?

Meskipun mungkin biaya servis untuk mengatasi ini tidak seberapa, tapi pastinya akan jadi boros kalau hal ini cukup sering terjadi, kan? Nah, untungnya ada beberapa trik cara untuk mengatasinya.

Bahkan, kamu pun tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukannya, lho! Penasaran? Berikut adalah beberapa cara menghidupkan HP tanpa tombol power selengkapnya.

Setidaknya ada dua kondisi ketika tombol power smartphone kamu rusak, yakni dalam keadaan aktif dan nonaktif alias mati total, geng.

Beruntung buat pengguna yang punya HP Android dengan tombol power yang rusak, tapi dalam keadaan aktif dan masih bisa dioperasikan.

Nah, kalau HP Samsung kamu kebetulan mengalami hal tersebut, Jaka kasih tutorial mengenai cara menghidupkan HP Samsung tanpa tombol power. Cara ini juga bisa untuk HP merk lain, kok!

1. Colok Menggunakan Benda Lain

Pada beberapa kasus, tombol power yang rusak dan tidak berfungsi, karena bagian luar atau cover-nya yang hilang dan menyisakan bagian karet di dalamnya.

ADVERTISEMENT

Jika menemukan kondisi demikian, kamu bisa menggunakan benda khusus seperti tusuk gigi, SIM card ejector, atau sejenisnya untuk dapat menekan bagian tombol di dalamnya.

Oh, ya, pastikan juga u tidak menggunakan benda tajam untuk mencoloknya, termasuk penggunaan tusuk gigi, pastikan ujungnya sudah tumpul ya!

Jika tombol bagian dalam masih berfungsi, seharusnya dengan cara ini HP Android masih bisa menyala kembali.

2. Sambungkan dengan Charger atau Powerbank

Buat yang nggak mau ribet, coba isi daya smartphone sesaat. Entah itu menggunakan adapter charger biasa atau dengan powerbank.

Jika HP Android masih dalam keadaan aktif dan menyala, nantinya layar akan otomatis menyala saat dihubungkan ke charger.

Kemudia, kamu tinggal buka kunci layar, baik dengan swipe atau memasukkan PIN maupun pola, geng.

3. Gunakan Tombol Lain untuk Menyalakan Layar

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan tombol lain yang berfungsi sebagai tombol power. Salah satunya, menggunakan tombol volume up dan down.

Sebelumnya pastikan kamu bisa membuka layar menggunakan metode pada poin 1 dan 2. Selanjutnya kamu tinggal ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Aktifkan Boot dan Screen Off dengan tombol volume sebagai pengganti power.

  2. Pakai tombol volume up atau down sebagai pengganti tombol power.

  3. Tekan Turn off screen untuk mematikan layar.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan fitur Double Tap to Wake yang umumnya sudah tersedia pada smartphone Android rilisan terbaru, geng.

Dengan cara ini, kamu cukup mengetuk layar dua kali dalam keadaan mati untuk menyalakan layar dan membuka kunci smartphone.

Namun untuk ponsel Android seri lama yang belum memiliki fitur ini, kamu bisa unduh aplikasi yang bakal Jaka ulas cara pemasangannya di bawah ini.

  1. Aktifkan izin Device Administrator-nya terlebih dulu.

  2. Ketuk aplikasi Screen Off untuk mematikan layar.

CATATAN:

Metode menggunakan aplikasi Double Tap Screen On and Off tidak berlaku untuk semua tipe HP Android. Jika tidak berhasil, lebih baik menggunakan metode pada poin 3 atau 5.

5. Manfaatkan Sensor Biometrik

HP Android rilisan terbaru, mulai dari segmen entry level hingga flagship, saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan sensor biometrik.

Salah satu yang paling umum ditemui adalah sensor fingerprint alias sidik jari. Selain itu ada fitur biometrik lain, seperti face unlock hingga irish scanner yang juga pernah digunakan loh.

Untuk menghidupkan HP tanpa tombol power untuk semua merek, seperti Samsung, ASUS, hingga OPPO kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

CATATAN:

Sebagai contoh Jaka menggunakan perangkat Xiaomi Redmi 4X yang sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint fisik.

  1. Buka Settings pada smartphone.

  2. Pilih opsi Lock Screen & Password.

  1. Ketuk opsi Add fingerprint. Pilih jenis kunci layar.

  1. Atur PIN/kunci layar. Tekan Got It pada jendela pop-up.

  1. Ikuti proses penambahan sidik jari sesuai instruksi.

  1. Tekan tombol Done jika sudah selesai.

Cara Menghidupkan HP Tanpa Tombol Power dalam Keadaan Mati

Lalu, bagaimana jika perangkat smartphone kamu dalam keadaan mati atau nonaktif?

Kamu masih bisa menggunakan cara lain, yakni dengan menggunakan PC atau laptop yang sudah terpasang software Minimal ADB and Fastboot pada tabel di bawah ini.

Versi Tanggal Rilis Fitur Unggulan Link Download
v1.4.3 2021 Latest Content Klik di sini

Namun sebelum itu, pastikan perangkat smartphone kamu sudah mengaktifkan fitur USB debugging yang terdapat pada opsi Developer options. Berikut langkah-langkahnya!

  1. Unduh dan pasang software Minimal ADB and Fastboot.

  2. Tekan dan tahan tombol volume down saat HP dalam keadaan mati.

  3. Sambungkan HP Android dengan PC menggunakan kabel USB.

  4. Buka software Minimal ADB and Fastboot.

  5. Masukkan perintah adb devices dan tekan Enter.

  1. Masukkan perintah fastboot reboot dan Enter.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, secara otomatis HP Android kamu pun akan restart dengan sendirinya dan masuk ke tampilan awal.

Akhir Kata

Nah, begitulah cara mudah menghidupkan HP Android tanpa tombol Power jika kondisinya rusak dan tidak berfungsi. Mudah, kan?

Sekarang tak perlu panik dan terburu-buru pergi ke service center untuk memperbaikinya. Jika memang sudah rusak parah dan mendesak, kamu baru bisa servis penuh, loh.

Jangan sungkan untuk bagikan dan berikan komentar pada artikel ini untuk terus mendapatkan update terbaru dari JalanTikus.com. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Muhaymin Rifai.

ARTIKEL TERKAIT

Ini 7 Fitur Kamera yang Wajib Dimiliki oleh Smartphone, Gak Butuh 3 Lensa!

Awas! Inilah 7 HP dengan Level Radiasi Paling Tinggi | Xiaomi Semua?

7 Alasan Mengapa Produsen HP Menghilangkan Lubang Jack 3.5mm, Demi Duit?

Cara Membuat Smartphone Android Bisa Menjadi CCTV, Bisa Buat Mantau Pacar!

5 Alasan Kenapa USB Type-C Harus Menjadi Port Standar di HP

3 Fakta Tentang IMEI yang Jarang Diketahui | Gak Cuma Buat Blokir HP BM!

undefined

Cara menghidupkan HP yang mati total tanpa tombol power dan volume? Kebutuhan sebuah smartphone saat ini merupakan kebutuhan primer yang mana memang di era yang serba canggih, instan dan digital ini fungsi ponsel untuk mempermudah segala kegiatan kita ini sangatlah penting.

Sebagai pengguna smartphone kamu tentunya terbantu dengan kemajuan teknologi yang mana bisa mengakses banyak hal baik pekerjaan hingga kebutuhan sehari-hari.

Namun, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara menghidupkan HP yang mati total tanpa tombol power, baterai tanam.

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika ponsel yang bisa kita gunakan sehari-hari mengalami kendala , misalnya saja mati total tentunya hal tersebut akan meresahkan kamu bukan?mengingat banyaknya fungsi, file hingga berbagai akses aktivitas dan digital app di dalamnya.

Maka, kamu harus mengetahui cara menghidupkan HP yang mati total tanpa tombol power, baterai tanam. Mengingat bahwa saat ini hampir semua smartphone hadir dalam bentuk dan desain baterai tanam bukan?

Cara Menghidupkan HP Yang Mati Total Tanpa Tombol Power dan Volume, Baterai Tanam

Cara menghidupkan HP yang mati total tanpa tombol power, baterai tanam bukanlah cara yang sulit, dimana kamu bisa mengetahui caranya dengan membaca artikel dan penjelasan kami kali ini. Sehingga kamu bisa mencegah dan juga mengatasi kemungkinan HP kamu mengalami mati total tanpa tombol power dengan baterai tanam.

Sebelum membahas mengenai cara menghidupkan HP yang mati total tanpa tombol power, baterai tanam, alangkah baiknya untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Yang mana nantinya kamu bisa meminimalisir kemungkinan HP kamu mati total, atau tindakan pencegahan. Diantara penyebab terjadinya HP mati total adalah dari aktivitas yang berlebihan dan mengalami overheat.

Baca Juga :  7 Fungsi Aplikasi Google Drive Yang Harus Kamu Ketahui

Kemudian HP jatuh baik dalam ari ataupun bukan banyak sekali penyebabnya. Namun, umumnya dikarenakan overheat hingga terjatuh dan mengalami kerusakan fatal.

Jika kamu sudah mengetahui penyebab HP kamu mengalami mati total berikut kami akan menjelaskan mengenai cara untuk menghidupkan HP yang mati total tanpa tombol power dan baterai tanam.

Namun, sebelumnya kami akan menjelaskan beberapa penyebab HP mengalami mati total dan cara mengatasinya yang mungkin kamu butuhkan suatu hari nanti,

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk cara menghidupkan HP mati total dengan baterai tanam adalah dengan melakukan charger lebih dahulu. Hal ini dilakukan apabila HP kamu sebelumnya normal-normal saja namun, kemudian tiba-tiba mati sendiri dna tidak hidup lagi.

Hal tersebut dimunginkan karena kerusakan di bagian baterai yang penuh. Nah, bisa dipastikan juga terdapat kerusakan pada sistem apalagi kalau kamu tidak bisa charger maka bisa dipastikan terdapat kerusakan di bagian baterai. Sehingga kamu bisa mengatasinya dengan mengganti baterai saja. Kami sarankan untuk membawa ke tempat service center. 

2. Melakukan Cek Kondisi Baterai

Cara untuk menghidupkan HP yang mati total baterai tanam selanjutnya dengan melakukan cek kondisi baterainya. cara ini tidak dilakukan atau disarankan bagi pemula yang tidak mengetahui tata cara untuk membuka atau membongkar casing HP dengan baterai tanam.

Karena Bisa memicu kerusakan lebih pada baterainya. Namun, jika kamu mengetahui cara membukanya, ceklah kondisi baterai apakah kembung atau tidak. Jika baterai kembung maka terdapat masalah pada baterai tanam Hp kamu.

3. Mengganti Baterai

Selanjutnya, kamu bisa menghidupkan HP baterai tanam dengan mencoba dan mengganti baterai lama dengan yang baru. Kamu bisa mencoba menggantinya dengan yang baru, jika sebelumnya memang diketahui kondisi baterai ponsel kamu kembung atua ada masalh.

Baca Juga :  Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram dari Facebook

Nah, untuk proses penggantian baterai, lagi kami sarankan untuk menggunakan jasa ahli,sehingga menghindari dari kesalahan atau kerusakan lainnya.

Sementara proses factory reset sendiri merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghidupkan kembali ponsel yang mao. Hal ini memang tidak selalu sama, dan tergantung pada masing masing HP.

Misalnya saja untuk pengguna Xiaomi, Samsung dan Oppo mereka bisa menggunakan tombol volume dan power untuk mengakses factory reset meskipun ponselnya dalam kondisi atau keadaan mati secara total. 

4. Cek Bagian Layar

Selanjutnya, kamu juga bisa mengatasinya dengan melakukan cek pada layar HP kamu, yang mana kamu bisa melakukan cek di bagian layar. Sehingga nantinya permasalahan HP mati total meskipun baterai tanam bisa kamu ketahui. Misalnya saja di bagian layarnya sendiri.

Kamu bisa melakukan cek dengan menekan tombol power selama 20 detik saja, dan tunggu lah apa yang akan terjadi. Kemungkinan besarnya jika akan kerusakan di layar HP kamu tidak akan menyala layarnya. Maka, kamu bisa mengatasinya dengan membawa ke tukang service HP.

6. Mengeringkan HP jika Terkena Air

Selanjutnya, jika HP kamu mati karena air, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan cara mengeringkannya. Nah, cara paling sederhana untuk melakukan proses pengeringan sendiri, kamu bisa melakukannya menggunakan hydrater atau menyimpannya di baskom dengan isi beras.

Selanjutnya kamu bisa mengubur ponsel kamu di beras tersebut. Diamkan Selama 2 hari lamanya hingga HP kamu benar benar kering. Kemudian pastikan jika HP kamu terkena air langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mematikan atau menonaktifkan ponsel kamu tersebut. 

Ketika ponsel kamu mengalami mati total karena kemasukan atau jatuh pada air, hal tersebut akan mengancam komponen dalam dari ponsel yang masih menyala atau aktif, maka nantinya bisa terjadi konslet dan kerusakan yang lebih parah. Maka, pastikan untuk mematikannya terlebih dahulu.

7. Membawa Ke Service Center

Terakhir kamu bisa mengatasi HP yang mati total dan menggunakan baterai tanam adalah dengan membawanya ke service center atau tukang service yang biasa kamu gunakan. Ini merupakan cara terakhir yang bisa kamu lakukan a yang mana nantinya HP kamu akan mengalami tahap flashing yang menjadi suatu kewajiban dna hal lumrah ketikan dan menjadi solusi dengan melakukan flash HP. 

Flash hp merupakan salah satu proses yang mana nantinya perangkat HP Android kamu akan di ganti, bagian dalam HP yang rusak lah yang akan diganti dengan sistem baru. Umumnya prose sini biasa diguankan dengan media PC maupun laptop.

Proses Falsh ini memang harus dilakukan oleh ahlinya, alias jangan sembarangan melakukannya. Hal ni terkait dengan Firmware dan juga Chipset dalam sebuah HP yang tentunya berbeda-beda alias tidak sama, maka metode yang digunakan akan berbeda.

Maka, alangkah baiknya dilakukan oleh ahlinya untuk menghindari kesalahan yang lebih fatal loh. Nantinya HP yang sudah mengalami proses flash juga tidak akan jarang mengalami error, ini tidak terjadi pada semua ponsel yang mengalami flash. 

Nah, itulah cara menghidupkan HP yang mati total tanpa tombol power, baterai tanam. Kamu harus mengenali permasalahan atau penyebabnya terlebih dahulu. Hal ini terkait dengan proses penanganan yang berbeda beda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Kita berharap semoga solusi mengenai Cara menghidupkan hp oppo yang mati total tanpa tombol power dan volume itu berguna untuk sobat semua.

Kalau anda perlu saran lain,sista dan agan dapat hubungi kami via formulir contact us.

Cara menghidupkan hp oppo yang mati total tanpa tombol power dan volume | admin | 4.5