Bagaimana cara meneladani etiket sebelum merebahkan bangku pesawat

By On Wednesday, September 7th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Bagaimana cara meneladani etiket sebelum merebahkan bangku pesawat – Hi Agan semua, Met Datang di situs situspanda dotcom ini. Di hari yang cerah ini, kami di website situspanda ingin sharing tanya jawab yg menarik yang menampilkan tentang Bagaimana cara meneladani etiket sebelum merebahkan bangku pesawat. Langsung saja sista dan agan boleh melihat yang berikut ini:

Oleh Putu Elmira pada 17 Feb 2020, 17:02 WIB

Diperbarui 17 Feb 2020, 17:02 WIB

Perbesar

Ilustrasi kursi pesawat. (dok. Oliver89/pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Liputan6.com, Jakarta – Merebahkan  kursi ke belakang selama melakukan perjalanan mungkin bisa memberikan kenyamanan bagi Anda, namun bagaimana dengan orang di belakang? Apakah tindakan tersebut cukup layak untuk dilakukan?

Dilansir dari Travel+Leisure, Senin (17/2/2020), CEO Delta Ed Bastian mengatakan dalam sebuah wawancara dengan CNBC, sebaiknya pastikan terlebih dahulu penumpang di belakang merasa tidak terganggu sebelum Anda membaringkan kursi.

Perbincangan mengenai etika merebahkan kursi ini mulai ramai sejak beredar sebuah video di mana seorang lelaki terus-menerus memukul kursi di depannya. Seorang perempuan di depannya merasa terganggu bahkan dilaporkan harus menjalani pemeriksaan lebih lanjut di lehernya akibat tingkah lelaki itu.

Merebahkan kursi merupakan tindakan yang bisa mengurangi jumlah ruang yang tersedia untuk orang di belakangnya. Bahkan, hal itu bisa jadi hal mengganggu seseorang untuk beraktivitas normal, seperti menonton, mengerjakan tugas, atau bekerja menggunakan laptopnya.

Bastian mengatakan, semua penumpang berhak untuk menggunakan fitur kursi yang bisa dibaringkan tersebut. Namun, perlu memerhatikan kondisi sekelilingnya apakah baik atau tidak untuk dilakukan.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Perbesar

Ilustrasi meminta bantuan pramugari. (dok. lukasbieri/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Sama halnya dengan Bastian, seorang penasihat bisnis di bidang lifestyle dan etika dan pramugari di maskapai Continental Airlines, Elaine Swann pun setuju untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum merebahkan kursi.

Swann menyarankan untuk menepuk dengan lembut bahu penumpang di depannya. “Saya tidak yakin apakah Anda sadar atau tidak, tetapi kursi Anda mengenai saya. Maukah Anda memajukannya sedikit saja?”

Gunakan kalimat tersebut untuk memberi tahu mereka bahwa Anda tidak tahu apakah mereka sengaja melakukannya. Tetapi jika hal tersebut tidak berhasil, Anda bisa pindah ke kursi lain jika masih ada ruang atau coba tanyakan kembali dengan sesopan mungkin tetapi lebih tegas.

Jika usaha tersebut tetap tidak membuahkan hasil, datangilah pramugari dan minta tolong pada mereka. Tetapi, jangan sampai membuat ricuh keadaan sekitar.

Hal tersebut kemungkinan besar berhasil, meskipun orang tersebut tidak mau mendengarkan Anda, mereka pasti akan mendengarkan anggota kru. Sebab, jika tidak menuruti perintah dari pramugari, mereka akan berisiko didenda atau bahkan dipaksa untuk membayar denda. (Tri Ayu Lutfiani)

Lanjutkan Membaca ↓

  • Putu ElmiraAuthor

  • Dinny MutiahEditor

TOPIK POPULER

POPULER

Berita Terbaru

Berita Terkini Selengkapnya

Jawaban:

membeli tiket pesawat

bayar kalau ada tiket pesawat kita tidak bisa duduk atau berpergian

yang harus di teladani adalah kamu tidak boleh kalau naik pesawat kalau tidak membeli tiket dahulu

– wolipop Selasa, 03 Jul 2012 17:05 WIB

Dok. Thinkstock

Jakarta – Saat berada di area publik, Anda harus tahu dan bisa menjaga etiket agar tidak mengganggu orang lain, termasuk di pesawat. Tata krama di pesawat dan kereta api atau bus tentu saja berbeda. Ketika berada di dalam pesawat, ini dia beberapa etiket yang harus dipatuhi untuk menjaga kenyamanan sesama penumpang, seperti yang dikutip dari Gal Time.

1. Jaga Jarak

Sandaran tangan di kursi pesawat bisa jadi masalah bila salah satu penumpang bersikap egois; meletakkan tangan melebihi jarak yang seharusnya. Maka dari itu, tunjukkanlah toleransi bahwa Anda maupun teman sebangku menggunakan sandaran tangan secara adil. Anda tentu akan merasa risih, jika tangan Anda bersentuhan dengan tangan orang asing, begitu juga sebaliknya. Saat bangun dari kursi pesawat, jangan bertumpu pada kursi di depan Anda tapi gunakan sandaran tangan di kursi Anda sendiri.

2. Pesawat Bukan Tempat untuk Mencari Teman

Beberapa orang ada yang dengan mudah berkenalan dan menjadi akrab dengan penumpang lain yang duduk di sampingnya. Tapi sebagian lagi lebih suka dibiarkan sendiri dan dengan tenang menikmati perjalanan. Kenali dulu karakter penumpang di samping Anda. Jika lebih banyak Anda yang berbicara, itu tandanya si teman seperjalanan terganggu dengan sikap talkative Anda. Segeralah berpaling dan akhiri pembicaraan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

3. Hati-hati Membawa Koper/TasMembawa koper atau tas di dalam pesawat juga ada etikanya. Bawa barang bawaan di posisi depan selagi Anda berjalan melewati lorong kabin. Menyampirkannya di bahu atau memanggulnya di punggung bisa mengenai penumpang lain yang sudah duduk di kursi atau berada di belakang Anda.

4. Hindari Membaca Suratkabar Berukuran Lebar

Jika ingin membawa bacaan, hindari koran atau suratkabar berukuran lebar. Saat membacanya, Anda harus melebarkan kertas dan itu bisa mengganggu penumpang di sebelah Anda. Jika harus membaca sesuatu agar tidak bosan selama penerbangan, bawalah majalah, tabloid berukuran compact, novel atau buku.

5. Duduk di Sebelah Koridor Jika Sering Buang Air Kecil

Anda termasuk orang yang sering bolak-balik ke toilet? Maka pesanlah kursi di samping koridor pesawat untuk memudahkan Anda ke toilet, juga menghindari mengganggu penumpang lain. Hindari memilih window seat, Anda akan membuat kesal penumpang di samping Anda karena harus sering-sering bergeser atau berdiri untuk memberi ruang agar Anda bisa keluar.

6. Setel Volume Musik Sewajarnya

Anda suka mendengarkan musik selama penerbangan? Jangan menyetel volume musik terlalu keras. Meskipun menggunakan headphone, suara dari pemutar musik bisa saja terdengar penumpang lain jika diputar dengan volume maksimal. Percayalah, Anda tidak perlu mendengar musik keras-keras hanya untuk menikmatinya.

7. Jangan Mencuri Lihat

Jangan ikut membaca atau melihat majalah, atau buku yang sedang dibaca orang di samping Anda. Melalui jangkauan sudut mata, seseorang akan menyadari bila ada orang lain yang juga melihat apa yang dibacanya. Itu akan membuatnya terganggu karena merasa diawasi. Terlebih lagi, jangan pernah berkomentar tentang artikel atau kisah yang sedang dia baca.

8. Sabar Menunggu Giliran Turun

Jangan menyerobot antrean begitu pesawat mendarat, kecuali ada keadaan darurat yang mengharuskan Anda segera turun. Tunggulah giliran Anda, perbedaannya hanya beberapa menit dan sikap sabar Anda akan memudahkan setiap penumpang, termasuk staf penerbangan. Sebagai contoh, jika Anda berada di kursi nomor 37D dan seorang wanita yang menempati kursi 36D sedikit lambat mengambil kopornya, tunggulah sebentar, jangan mendorongnya agar Anda bisa lewat karena itu sikap yang kasar.

(hst/hst)

Kami berharap semoga jawaban mengenai Bagaimana cara meneladani etiket sebelum merebahkan bangku pesawat di atas ada gunanya bagi sobs semua.

Nah kalau teman perlu saran yang lain,ibu dan bapak dapat kontak kami via formulir kontak.

Bagaimana cara meneladani etiket sebelum merebahkan bangku pesawat | admin | 4.5