Apakah boleh minum air putih sebelum medical check up

By On Thursday, November 24th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Apakah boleh minum air putih sebelum medical check up – Hi Agan semua, Thanks dah mau datang ke website situspanda dot com ini. Pagi ini, kami dari website situspanda dot com pengen menampilkan Q & A yang wokeh yang akan menunjukkan tentang Apakah boleh minum air putih sebelum medical check up. Ini dia Agan dapat melihat yang setelah ini:

Salah satu persiapan medical check up yang perlu kamu lakukan adalah melakukan puasa. Lama berpuasa yang diharuskan bervariasi tergantung jenis pemeriksaan yang akan dilakukan. Nah, penasaran apa alasan kamu perlu menjalani puasa sebelum medical check up? Simak ulasan di bawah ini!

Alasan Berpuasa Sebelum Medical Check Up

Makanan
yang masuk ke dalam tubuh tanpa kamu sadari akan berpengaruh kepada kondisi tubuh saat itu juga. Jika kamu mengonsumsi makanan tertentu menjelang medical check up, maka kemungkinan besar hasil pengujian atau pemeriksaan tidak akan akurat. Oleh karena itu, kamu diharapkan untuk berpuasa sesuai instruksi dokter sebelum melakukan medical check up agar hasilnya lebih akurat dan valid.

Apakah Masih Boleh Minum Sebelum Medical Check Up?

Sebenarnya, kamu masih
diperbolehkan minum sebelum melakukan medical check up. Hanya saja minuman yang boleh kamu minum adalah air putih.

Mengapa kamu hanya diperbolehkan minum air putih sebelum pengambilan sampel? Rupanya, minum air putih sebelum medical check up dapat memudahkan pengambilan sampel darah. Air akan menghidrasi tubuh sekaligus membuat pembuluh darah yang digunakan sebagai media pengambilan sampel lebih mudah terlihat.

Minuman yang dapat mempengaruhi hasil medical check
up adalah kopi. Walau diminum tanpa menggunakan campuran apapun seperti susu dan krimer, kandungan kafein dapat mempengaruhi hasil medical check up.

Kafein juga bersifat diuretik, yaitu dapat menyebabkan seseorang cenderung sering buang air kecil. Terlalu sering buang air kecil karena efek dari kafein dapat menyebabkan kamu mengalami dehidrasi. Semakin kamu mengalami kekurangan cairan, semakin sulit petugas kesehatan untuk mengambil sampel darah dari pembuluh vena.

Selain
kopi, minuman lain yang dapat menyebabkan hasil medical check up tidak akurat adalah minuman beralkohol. Beberapa pemeriksaan kesehatan yang mengambil darah sebagai sampel seperti pengecekan fungsi hati menyarankan kamu untuk tidak meminum minuman beralkohol selama 24 jam. Sebab, alkohol akan mengalir di aliran darah sampai beberapa hari kemudian.

Aturan di atas berlaku pula untuk minuman menggunakan pemanis serta minuman bersoda. Sebaiknya kamu menunda meminum beberapa minuman
yang sudah disebutkan di atas tunda sampai selesai medical check up, ya!

Jenis Medical Check Up yang Diharuskan Berpuasa Sebelumnya

Sebenarnya, tidak semua medical check up mengharuskan kamu untuk berpuasa mengingat regulasi dari tiap jenis pemeriksaan pasti berbeda. Jenis medical check up yang mengharuskan kamu
berpuasa antara lain:

Tes Fungsi Hati

Tes fungsi hati merupakan sebuah pemeriksaan yang berguna untuk memeriksa kinerja organ hati. Dalam tubuh manusia, hati memainkan peran yang sangat penting yaitu untuk menghancurkan racun dalam tubuh.

Ketika menjalani tes fungsi hati, sampel darah yang diambil dari tubuhmu akan dicek apakah terdapat senyawa yang berperan untuk menjalankan fungsi hati. Puasa beberapa jam sebelum pengambilan darah diperlukan agar hasil tes lebih akurat
tanpa terpengaruh dengan makanan yang sebelumnya telah dikonsumsi.

Orang yang perlu menjalani tes fungsi hati ini bukan hanya orang yang memiliki penyakit hati, tetapi bisa juga dilakukan untuk memantau reaksi obat terhadap kondisi hati.

Gastroskopi

Gastroskopi adalah pemeriksaan untuk memeriksa lapisan esofagus (kerongkongan), lambung, dan bagian awal dari duodenum (usus halus). Alat yang digunakan untuk gastroskopi adalah tabung panjang
dan fleksibel yang disebut gastroskop. Untuk menjalani gastroskopi, kamu diwajibkan untuk menjalani puasa selama 6 – 8 jam dan tidak dibolehkan untuk minum selama 2 – 3 jam.

Tes Gula Darah

Selanjutnya ada tes gula darah atau dikenal juga sebagai tes glukosa yang akan mendeteksi kandungan gula pada tubuh. Tes darah yang satu ini
ditujukan baik untuk penderita diabetes maupun orang yang berpotensi mengalami diabetes. Dokter mewajibkan kamu untuk menjalani puasa sekitar 8 jam. Dengan begitu, hasil pemeriksaan dapat dilakukan seakurat dan sebaik mungkin.

Tes Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan salah satu penyakit yang rentan dialami oleh masyarakat, termasuk anak muda. Tes asam urat dilakukan melalui dua cara, yaitu pemeriksaan urin dan darah. Durasi puasa yang perlu dilakukan menjalani tes asam urat
adalah 10 – 12 jam.

Dokter akan memberitahumu berapa lama harus berpuasa sebelum menjalani medical check up. Aturan ini bersifat wajib dilakukan. Jika kamu tidak jalani, bisa saja hasil pemeriksaan malah tidak akurat.

Bumame dengan layanan medical check up yang tersebar di berbagai kota besar seperti JADETABEK, Bandung, dan Surabaya siap membantumu untuk mengetahui
kondisi kesehatan saat ini.

Tahukah Kamu, Ternyata Ini Alasan Harus Puasa dan hanya Boleh Minum Air Putih sebelum Periksa Darah

Setiap bulan, para diabetesi (sebutan untuk penderita diabetes), sebelum melakukan kontrol ulang, dokter akan memerintahkan untuk uji laboratorium pemeriksaan glukosa darah berupa pemeriksaan darah puasa dan 2 jam PP. 

TRIBUN-MEDAN.com – Puasa jelang
periksa darah memang dibolehkan minum, tapi ada aturannya. Minumnya hanya air putih, tanpa gula. Bahkan teh tawar atau kopi tanpa gula pun tidak dibolehkan. Hanya air putih yang dibolehkan. Mengapa? 

Ini memang saran untuk para penderita diabetes agar selalu rajin kontrol ke dokter agar
kondisi gula darahnya dapat terpantau.

Setiap bulan, para diabetesi (sebutan untuk penderita diabetes), sebelum melakukan kontrol ulang, dokter akan memerintahkan untuk uji laboratorium pemeriksaan glukosa darah berupa pemeriksaan darah puasa dan 2 jam PP. 

Dua jenis pemeriksaan darah ini dilakukan untuk mengetahui apakah kondisi kesehatan si pasien selalu dalam keadaan aman dan terkendali.

Masing-masing
tes gula darah memiliki metode dan kadar normal yang berbeda-beda.

Meski begitu, agar hasilnya akurat, diperlukan persiapan tepat yang dilakukan oleh pasien sebelum pengambilan darah di laboratorium.

I. Persiapan

1. Tiga hari sebelum pemeriksaan glukosa darah tetap makan seperti kebiasaan sehari-hari dan tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

2. Berpuasa paling sedikit 8 jam (mulai malam hari)
sebelum pemeriksaan.

3. Minum air putih selalu dianjurkan, sedangkan minuman lain seperti teh dan kopi, meskipun tanpa gula tetap tidak dibolehkan.

4. Bagi perokok, hentikan merokok setidaknya 8 jam sebelum pemeriksaan (bersamaan waktu puasa) karena akan memengaruhi hasil pemeriksaan.

5. Dimohon untuk tidak melakukan olahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat sejak 8 jam sebelum pemeriksaan  (bersamaan waktu puasa).

6. Bila
akan melakukan pemeriksaan glukosa darah, jangan berpuasa lebih dari 14 jam karena akan memberikan hasil yang tidak akurat.

Apakah puasa MCU boleh minum air putih?

1. Pasien harus puasa minimal selama 10 jam sebelum pengambilan darah, kecuali untuk pemeriksaan glukosa puasa minimal 8 jam. Untuk pemeriksaan trigliserida, sebaiknya pasien puasa selama 12 jam. 2. Selama puasa, pasien tidak diperbolehkan makan dan minum, kecuali air putih.

Apa saja yang menggagalkan medical check up?

Beberapa penyakit menular yang bisa menjadi penyebab gagal tes medical check up antara lain HIV, TBC, Covid-19, radang paru-paru, dan penyakit menular lainnya. Adapun jika penyakit ringan seperti batuk, pilek atau yang sejenisnya, biasanya tidak akan membuat Anda gagal lolos tes medical check up.

Apakah kurang tidur mempengaruhi hasil medical check up?

Tidur yang cukup minimal 6 jam sebelum melakukan medical check up. Kurang tidur dapat berakibat pada hasil yang kurang baik pada tekanan darah, denyut jantung dan suhu tubuh.

Apakah harus puasa sebelum medical check up?

Pada tes kesehatan yang dilakukan untuk mendiagnosis penyakit atau kondisi tertentu, aktivitas makan dan minum menjelang tes bisa saja membuat proses diagnosis kurang akurat. Tentunya, tujuan dokter mengharuskan kamu puasa sebelum tes kesehatan adalah untuk kebaikan kamu sendiri.

Kita berharap semoga jawaban terbaik tentang Apakah boleh minum air putih sebelum medical check up ini berguna bagi Agan semuanya.

Kalau saja sista dan agan membutuhkan saran lain,sobs dapat kontak kami melalui formulir kontak.

Apakah boleh minum air putih sebelum medical check up | admin | 4.5