Apa yang kamu ketahui dari komponen kewargaan digital di luar sekolah?

By On Monday, September 5th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Apa yang kamu ketahui dari komponen kewargaan digital di luar sekolah? – Apa kabar Agan semua, Makasih banyak dah mau berkunjung ke web site www.situspanda.Com ini. Sore ini, kami di web site www.situspanda.Com ingin membagikan tanya jawab yang mantap yang menampilkan tentang Apa yang kamu ketahui dari komponen kewargaan digital di luar sekolah?. Sebaiknya Agan dan sista boleh melihat yang berikut ini:

LancangKuning – Kewargaan Digital adalah konsep yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia nyata dengan baik dan benar. Atau bisa juga di definisikan menjadi aturan perilaku yang tepat dan bertanggung jawab atas penggunaan teknologi. Keterlibatan penggunaan teknologi dunia maya yang baik dan benar.

Silahkan bergabung di Grup FB LANCANG KUNING untuk mendapatkan informasi terupdate.

Dapatkan info berita terbaru via group Whatsapp (read only) Lancang Kuning (Klik Disini)

Subscribe YOUTUBE LANCANG KUNING untuk mendapatkan informasi terbaru dalam video.

Ilustrasi komponen kewargaan digital beserta contohnya, komponen kewarganegaraan digital

KOMPAS.com – Kewargaan digital membuat para pengguna teknologi lebih bertanggung jawab dalam menggunakan perangkat digitalnya.

Sebab di era digital saat ini, kebebasan berpendapat dan berperilaku terkadang menyimpang bahkan melanggar norma atau peraturan yang ada.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), kewargaan digital merupakan kumpulan norma perilaku yang tepat dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi informasi.

Kewargaan digital atau kewarganegaraan digital adalah serangkaian konsep untuk memberi pengetahuan mengenai penggunaan teknologi dunia maya secara benar dan tepat.

Baca juga: Kewarganegaraan Digital: Definisi dan Fungsi

Terdapat berapa komponen pada kewargaan digital?

Dilansir dari buku Framework Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Abad 21 (2019) oleh Verbena Ayuningsih Purbasari, dkk, ada sembilan komponen pada kewargaan digital, yakni:

  1. Akses digital
  2. Perdagangan digital
  3. Komunikasi digital
  4. Literatur digital
  5. Etika digital
  6. Hukum digital
  7. Hak dan kewajiban digital
  8. Kesehatan digital
  9. Keamanan digital

Berikut penjelasan komponen kewargaan digital:

Akses digital

Adalah komponen paling mendasar untuk menjadi warga digital.

Sejumlah faktor memengaruhi akses digital yang dimiliki seseorang, seperti status sosial dan ekonomi, domisili atau tempat tinggal, dan sebagainya.

Contoh akses digital adalah sekolah yang memfasilitasi murid dan guru untuk terhubung dengan dunia digital, lewat penyediaan komputer serta akses internet.

Baca juga: Teknologi Informasi Digital: Pengertian, Lingkup Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Kegiatan perdagangan digital memudahkan manusia dalam bertransaksi. Walau begitu, kegiatan ini perlu dijalankan secara bijak dan berhati-hati. Karena sangat mungkin aksi kejahatan terjadi.

Contohnya penyalahgunaan data pribadi, seperti kartu debit dan kredit untuk membeli barang secara daring, maraknya konten pornografi, perjudian online, transaksi narkoba, dan penipuan online.

Komunikasi digital

Menurut Yuan Badrianto, dkk dalam buku Komunikasi Bisnis (2022), komunikasi digital adalah semua jenis komunikasi yang mengandalkan penggunaan teknologi sebagai sarananya, seperti email, panggilan telepon, video conference, dan lain-lain.

Pada dasarnya, komunikasi digital bisa dilakukan secara tertulis maupun lisan. Contoh, guru mengajar muridnya lewat aplikasi Zoom atau Google Meet, dan murid yang mengirimkan hasil tugasnya melalui email kepada guru.

Literatur digital

Komponen kewargaan digital ini memberi pemahaman bagaimana menggunakan suatu perangkat digital.

Contohnya, literatur tentang bagaimana caranya menggunakan Google Chrome sebagai sarana pencarian informasi.

Etika digital

Adalah cara mengomunikasikan suatu hal lewat media teknologi informasi sesuai etika yang berlaku.

Misalnya, bijak dalam berkomentar atau mengirimkan pesan di media sosial, tidak menyebarkan berita bohong, dan berperilaku atau berbicara sopan kepada orang lain sesama pengguna teknologi.

Baca juga: Literasi Digital: Pengertian, Prinsip, Manfaat, Tantangan dan Contoh

Hukum digital

Digunakan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam dunia digital.

Contohnya, Pemerintah Indonesia merumuskan peraturan yang mengatur soal pelanggaran hak cipta, penyalahgunaan data pribadi, dan cyber bullying.

Merupakan seperangkat hak dan kewajiban yang dimiliki pengguna digital ketika menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Sebagai contoh, hak warga digital adalah privasi data pribadinya dilindungi. Sementara kewajibannya ialah berkomunikasi dan berperilaku sopan saat menggunakan media digital.

Kesehatan digital

Penggunaan media digital secara berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatan seseorang. Oleh sebab itu, kesehatan digital ditujukan untuk menyadarkan masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media.

Misalnya, tidak berlebihan dalam menggunakan komputer dan gadget, serta menggunakan laptop yang terhubung dengan internet untuk mencari informasi kesehatan.

Baca juga: Media Online: Pengertian dan Fungsinya

Keamanan digital

Warga digital harus berupaya keras dalam melindungi data pribadinya, seperti aset digital dan identitas pribadi.

Contoh komponen kewargaan digital ini ialah rutin mengganti password email, melakukan back-up data, serta menghindari membuka situs yang mencurigakan atau tidak resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kita berharap bahwa solusi dari pertanyaan mengenai Apa yang kamu ketahui dari komponen kewargaan digital di luar sekolah? ini ada manfaatnya untuk kamu semuanya.

Kalau om dan tante membutuhkan saran lain,kamu dapat kirim pertanyaan kita lewat formulir contact us.

Apa yang kamu ketahui dari komponen kewargaan digital di luar sekolah? | admin | 4.5