Apa yang diucapkan ketika bangun tidur?

By On Tuesday, November 8th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Apa yang diucapkan ketika bangun tidur? – Pa kabar sobs semua, Terima Kasih sudah berkunjung ke web site www.situspanda.Com ini. Pagi ini, saya dari web situspanda mau membagikan Q dan A yang menarik yang mengulas tentang Apa yang diucapkan ketika bangun tidur?. Ayo tante dan om dapat baca yang setelah ini:

Diberikan kesempatan untuk bangun yang nantinya dilanjut dengan beragam kegiatan adalah kurnia yang harus disyukuri. Karena tidak sedikit, mereka tidak diberikan waktu untuk menikmati hari, alias meninggal dunia.

Karenanya, apa yang dilakukan Rasulullah ketika bangun dari tidur sangat penting untuk ditiru. Tidak semata mengikuti sunnahnya, juga mengambil hikmah dari teladan yang telah dilakukan.

فقد ورد عن عاءشة قالت: كان اذا قام اى استيقظ من منامه, كبر عشرا, و حمد الله عشرا, و سبح عشرا, و هلل عشرا, و استغفر عشرا, وقال: اللهم اغفرلى وارحمني واهدني وارزقني وعافني, و كان يتعوذ
من ضيق المقام يوم القيامة, وفي رواية كان صلى الله عليه و سلم اذا استيقظ من منامه قرأ العشر الليات من اخر ال عمران
.

Artinya: Telah datang dari Aisyah berkata: Nabi Muhammad ketika bangun dari tidurnya, membaca takbir (الله اكبر) sepuluh kali dan memuji kepada Allah (dengan membaca, الحمد لله) sepuluh kali, dan membaca tasbih (سبحان الله) sepuluh kali, dan membaca tahlil (لا اله الا الله) sepuluh kali, dan membaca istighfar (استغفر الله العظيم) sepuluh kali. dan dia berdoa: اللهم
اغفرلى وارحمني واهدني وارزقني وعافني dan dia (juga berdoa) meminta perlindungan dari sempitnya tempat di hari kiamat. Dan di dalam riwayat (yang lain) Nabi Muhammad Salallahu’alaihi Wasalam, ketika bangun dari tidur membaca sepuluh ayat terakhir Surah Ali imran. (Sumber: Hasyiah Al-Shawy ‘Ala Tafsir Jalalain karya Imam Ahmad Ibn Muhammad Al-Showi Al-Maliki).

Dengan demikian, yang harus dilakukan setelah bangun tidur adalah:

1. Membaca takbir (Allahu Akbar) sebanyak sepuluh kali.

2. Membaca hamdalah (Alhamdulillah) sepuluh kali.

3. Membaca tasbih (Subhanallah) sepuluh kali

4. Membaca istighfar (Astaghfirullahal Adzim) sepuluh
kali

5. Membaca doa:اللهم اغفرلى وارحمني واهدني وارزقني وعافني atau

6. Membaca supuluh ayat terakhir dari Surat Ali Imran.

Karena itu, sebagai umatnya sudah tentu sangat dianjurkan meniru apa yang telah dilakukan Nabi Muhammad SAW.

PIKIRAN RAKYAT – Fenomena terbangun di tengah malam ketika tidur pulas mungkin bukan hal yang tidak bisa. Sejumlah faktor bisa menjadi penyebab seseorang tiba-tiba terbangun di tengah malam.

Salah satu faktor penyebabnya adalah gangguan tidur yang diidap seseorang atau orang yang terbangun pada malam hari hanya sekadar ingin buang air.

Berkaitan dengan fenomena terbangun di tengah malam,
Ustaz Khalid Basalamah menganjurkan agar orang yang mengalami hal tersebut untuk membaca doa.

Doa tersebut, kata Ustaz Khalid, merupakan doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW bagi orang yang terbangun di tengah malam.

Baca Juga: Peringatan Serius Ilmuwan Wuhan, Desak Warga Dunia Divaksin, Siap-Siap Ada Varian Covid-19 Lebih Mematikan

Menurutnya, doa tersebut bisa menjadi penghapus dosa-dosa orang yang terbangun di dalam hari dan langsung ingat kepada
Allah SWT dengan cara berdoa.

“Kata Nabi Muhammad SAW, yang baca zikir ini kalau dia bangun tidur (terbangun tengah malam), maka dosa-dosanya yang lalu diampuni,” katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari kanal YouTube Menurut Islam pada Jumat, 27 Agustus 2021.

Selain itu, seseorang yang langsung berdoa atau salat di tengah malam, kata dia, niscaya Allah akan mendengar doa
tersebut dan mengabulkannya.

“Laa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamd, wa huwa ‘alaa kulli sayi-in qodirr, alhamdulillaah, wa subhaanallaah, wa laa ilaaha illallaah, wallaahu akbar, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Baca Juga: Enggan Ditinggal, Doa Azka Corbuzier
untuk Deddy Tak Pernah Berubah Sejak Kecil

Bagaimanakah doa ketika bangun tidur?

Bacaan pertama yang bisa dibaca di pagi hari setelah bangun tidur adalah,

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur” [artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan]. (HR.
Bukhari no. 6325)

Imam Bukhari rahimahullah memasukkan hadits di atas dalam judul bab “bacaan yang diucapkan di pagi hari”. Ini berarti -kata Ibnu Batthol- bahwa dzikir yang diucapkan ketika pagi hari ini menjadi pembuka amalan dan menunjukkan bahwa dari pagi hari kita sudah memulai dengan berdzikir pada Allah sebagaimana pula saat hendak tidur ditutup pula dengan amalan dzikir pada Allah. Berarti pembuka catatan amalan kita adalah dzikir, penutupnya pun dzikir. Lalu diharapkan
antara pembuka dan penutup tersebut ada pengampunan dosa.

Imam Nawawi rahimahullah sendiri menerangkan bahwa maksud kalimat ‘kami dimatikan’ adalah tidur. Sedangkan ‘kami dibangkitkan’ adalah dihidupkan lagi kelak pada hari kiamat. Intinya, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ingin menerangkan bahwa ketika orang itu bisa bangun setelah tidur, berarti seseorang bisa pula dibangkitkan (pada hari kiamat) setelah dimatikan.

Imam Nawawi rahimahullah menerangkan
pula dalam Syarh Shahih Muslim bahwa hikmah doa ‘bismika allahumma amuutu wa ahyaa’ dibaca menjelang tidur, yaitu sebagai penutup amalan. Sedangkan di pagi hari diawali pula dengan amalan doa yang berisi kandungan keyakinan tauhid pada Allah dan kalimat tersebut termasuk dalam al kalimuth thoyyib (kalimat yang baik).

Atau bisa pula membaca dzikir berikut ketika bangun tidur,

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ
لِيْ بِذِكْرِهِ

“Alhamdullillahilladzi afaaniy fii jasadiy, wa rodda alayya ruhiy, wa adzina lii bi dzikrih” [artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan telah mengembalikan ruhku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepada-Nya]. (HR. Tirmidzi no. 3401. Hasan menurut Syaikh Al Albani)

Disebutkan dalam hadits mengenai dikembalikannya ruh berarti kita masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk menikmati kehidupan. Nikmat seperti ini patut
disyukuri. Lantas menyukurinya dengan apa?

Badaruddin Al ‘Aini dalam ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Al Bukhari menjelaskan, “Hendaklah seseorang yang telah bangun di pagi hari berusaha menyukuri nikmat tersebut dengan melaksanakan shalat Shubuh. Itulah bentuk syukurnya pada Allah atas nikmat hidup yang Allah beri serta nikmat dikembalikannya ruh padanya.”

Berarti tugas kita terus bersyukur dengan rajin berdzikir dan beribadah.

Moga kita termasuk dalam golongan hamba Allah
yang rajin berdzikir. Semoga pula kita bisa mudah mengamalkan doa yang disebutkan di atas.

Wallahu waliyyut taufiq, hanya Allah yang memberi hidayah.

Selesai disusun di Darush Sholihin, malam 21 Rabi’ul Awwal 1436 H, @ 10:36 PM

Akhukum fillah: Muhammad Abduh Tuasikal

Ikuti status kami dengan memfollow FB Muhammad Abduh Tuasikal, Fans Page Mengenal Ajaran Islam Lebih Dekat, Twitter @RumayshoCom, Instagram RumayshoCom

Apa yang dibaca ketika bangun tidur?

Alhamdulillahil adzi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihin nusyur.

Apa yang dilakukan Nabi saat bangun tidur?

“Biasanya Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam jika bangun di malam hari beliau menggosok-gosok mulutnya dengan siwak” (HR. Al Bukhari no. 245, Muslim no. 255).

Apa yang harus dibaca ketika bangun tengah malam?

laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qodiir, subhanallah walhamdulillah, wa laa ilaaha illallah allahu akbar wa laa hawla wa laa quwwata illaa billah.

Apa yang harus dilakukan setelah bangun tidur menurut Islam?

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila kalian bangun tidur maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali karena setan bermalam di rongga hidungnya.” (HR. Bukhari dan Muslim). “Nabi SAW apabila bangun maka beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kami berharap kiranya solusi mengenai Apa yang diucapkan ketika bangun tidur? itu ada manfaatnya untuk sista dan agan semuanya.

Kalau sobs butuh saran lainnya,om dan tante bisa kontak kami via link kontak.

Apa yang diucapkan ketika bangun tidur? | admin | 4.5