Apa yang dimaksud dengan jaringan internet brainly

By On Wednesday, August 10th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Apa yang dimaksud dengan jaringan internet brainly – Pa kabar sista dan agan semua, Makasih banyak dah mau berkunjung ke web situspanda ini. Saat ini, kami dari web situspanda pengen share pertanyaan & jawaban yg cool yang akan menunjukkan tentang Apa yang dimaksud dengan jaringan internet brainly. Silahkan Agan dan sista bisa membaca yang berikut ini:

Kehidupan manusia modern tidak bisa dilepaskan dengan jaringan internet. Sebab, internet adalah suatu sistem jaringan yang dapat menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya.

Internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite. Selain komputer, saat ini internet juga bisa menghubungkan berbagai macam gawai dan melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Keberadaan internet memungkinkan seseorang dapat mencari informasi yang dia inginkan. Misalnya mencari berita terbaru atau mengakses layanan streaming untuk menonton serial drama favoritnya. Hal tersebut berkaitan juga dengan pengertian internet adalah sebuah jaringan komunikasi global yang terbuka.

Internet adalah salah satu bukti dari kecanggihan teknologi. Internet bisa memberikan dampak positif ataupun negatif tergantung pada penggunanya. Internet sudah menjadi komponen utama yang menyokong aktivitas masyarakat modern sekarang.

Lebih lanjut berikut rangkuman tentang pengertian internet menurut para ahli hingga manfaat dari internet. Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Internet

Secara harfiah pengertian internet adalah kumpulan komputer di seluruh dunia yang terhubung ke dalam sebuah jaringan. Internet bisa dianalogikan sebagai perpustakaan besar yang memuat beragam macam informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Advertising

Advertising

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dengan fasilitas komputer di seluruh dunia. Jaringan ini tersusun dan terorganisir melalui telepon atau satelit.

Sementara itu, menurut tokoh dan pakar di bidang teknologi informasi Onno W. Purbo, internet adalah media yang memungkinkan sebuah proses komunikasi yang bisa berjalan secara efisien dengan tersambungnya perangkat ke beragam aplikasi.

Menurut Allan, dikutip dari platform pendidikan dan pelajaran Qubisa.com, internet adalah sebuah jaringan komputer yang mempunyai kemampuan membaca sekaligus menguraikan Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP).

Pendapat lain mengemukakan kalau internet adalah bagian dari jaringan komputer. Merujuk dari buku Cara Mudah Membangun Jaringan Komputer & Internet, jaringan komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri atas komponen, perangkat, dan jaringan lainnya yang bekerjasama untuk tujuan yang sama. Contoh kecilnya yaitu saat sebuah komputer bisa terhubung dengan perangkat elektronik lainnya secara bersamaan seperti printer, mesin fotokopi, dan lain sebagainya.

Dalam buku Teknologi Informasi dan Komunikasi (2017) yang diterbitkan oleh Kemendikbud, istilah internet adalah berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Jika dilihat dari kata per kata, pengertian internet adalah sebuah jaringan antara atau penghubung. Definisi sederhananya, internet merupakan jaringan berjuta-juta komputer di seluruh dunia, terkoneksi menggunakan protokol TCP/IP.

Internet menyediakan segala informasi. Semuanya bisa diakses oleh setiap orang. Bentuknya berupa tulisan, gambar, serta format multimedia lainnya. Keberadaan internet juga tidak bisa dilepaskan dengan perkembangan sejarah komputer. Sebab, dari komputer generasi pertama sampai sekarang, semua komponen mesinnya menginspirasi lahirnya internet.

Dari semua penjelasan di atas bisa disimpulkan kalau internet adalah sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat komputer ke seluruh dunia. Di dalamnya, para pengguna bisa mencari informasi tentang berbagai hal yang dia inginkan.

Awal Mula Terciptanya Jaringan Internet

Fungsi internet adalah menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Cakupan jaringannya begitu luas hingga ke berbagai belahan dunia.

Dikenal sebagai jaringan teknologi terbesar di dunia, semua orang bisa mengirimkan dan mengakses berbagai macam informasi menggunakan standar Protokol Internet (IP). Hal tersebut semakin dipermudah dengan kehadiran layanan jaringan world wide web (www).

Internet mempunyai sejarah begitu panjang hingga keberadaannya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Ringkasan sejarah internet bisa dilacak dari pembentukan badan ARPA di Amerika Serikat sekitar tahun 1969. Ketika itu, sebuah jaringan komputer dibentuk dan diberi nama ARPANET.

Jaringan ARPANET terus dikembangkan. Hingga pada tahun 1980-an, jaringan ini bisa menghubungkan universitas ternama di Amerika Serikat, meskipun yang mengakses hanya kalangan terbatas saja.

Perkembangan internet terus berjalan seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan komputer. Usai diluncurkannya standar protokol TCP/IP, Amerika Serikat kemudian membentuk sebuah badan riset yang menggantikan peran ARPANET bernama National Science Foundation Network (NSFNET) di tahun 1986. Pada saat itu sejumlah jaringan internasional dari beberapa negara mulai terkoneksi melalui layanan NSFNET.

Berdasarkan penjelasan dalam buku Teknologi Informasi dan Komunikasi (2017), mulai tahun 1992 perangkat lunak bernama Viola dirilis oleh Pei Wei. Software ini bisa mengakses layanan “www.”.

Pada tahun 1993, sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan internet harus memiliki nama domain dan alamat IP berupa simbol numerik dan format tertentu sebagai pengenal. Atas dasar itu, InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran nama domain.

Sejak masa itu hingga saat ini, jaringan internet terus mengalami kemajuan. Tidak hanya menghubungkan komputer saja, sekarang jaringan internet adalah bagian dari sarana komunikasi untuk mengkoneksikan berbagai macam gawai dengan teknologi canggih.

Manfaat Jaringan Internet

Internet adalah jaringan elektronik yang memiliki berbagai kegunaan dan manfaat untuk kehidupan masyarakat modern. Berikut sejumlah manfaat yang bisa diambil dari adanya jaringan internet:

Sumber Informasi

Manfaat internet adalah dapat menyediakan beragam informasi yang dibutuhkan oleh semua orang. Hal ini bisa terjadi karena internet menghubungkan sejumlah perangkat di dunia yang mendukung untuk terjadinya pertukaran data serta informasi.

Seseorang dapat memperoleh informasi dengan berselancar di internet. Dia hanya perlu memasukan kata kunci di mesin pencari agar mendapatkan informasi tersebut.

Hiburan

Internet adalah jaringan komputer yang bisa digunakan sebagai sarana hiburan. Jaringan ini mendukung berbagai macam bentuk file mulai dari tulisan, foto, video, hingga audio untuk diunggah dan dibagikan.

Sarana Pendukung Kegiatan Ekonomi

Dewasa ini aktivitas ekonomi tidak hanya dilakukan secara konvensional saja. Lebih dari itu, kehadiran internet sudah membuka peluang bagi siapa saja untuk melakukan kegiatan ekonomi.

Contohnya seperti kehadiran e-commerce yang memudahkan penggunanya untuk mencari dan membeli barang yang dia inginkan. Kemudian ada pula para konten kreator yang bisa memonetisasi serta meraup keuntungan besar dari berbagai platform media sosial.

Pendidikan dan Budaya

Internet bisa menjadi sarana untuk memperoleh informasi yang memiliki nilai edukasi. Sebab, banyak sekali penelitian, buku, atau semacamnya yang dibagikan ke internet. Sehingga pengguna bisa mengunduhnya dan memakainya sebagai referensi.

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung. Keberadaannya sangat membantu aktivitas manusia hampir di segala bidang.


Buatlah 3 buah kalimat yang menggunakan kon jung Si​


Maleo senkawor adalah satwa endemik Sulawesi yang bisa ditemui di hutan dan pesisir pantai. Jenis ini dijuluki burung yang unik dan cantik, karena sep


erti ada konde di kepalanya. Satwa yang terbilang cerdik dan pandai tersebut tidak mengerami telurnya. Setelah bertelur, maleo akan menguburkan telurnya sampai menetas sendiri. 11. Tentukan ide pokok teks tersebut! Jawab: 2. Tulislah kesimpulan teks tersebut! Jawab:​


buatlah akrostik dengan nama “salwa”​


Maleo senkawor adalah satwa endemik Sulawesi yang bisa ditemui di hutan dan pesisir pantai. Jenis ini dijuluki burung yang unik dan cantik, karena sep


erti ada konde di kepalanya. Satwa yang terbilang cerdik pandai tersebut tidak mengerami telurnya. Setelah bertelur, maleo akan menguburkan telurnya sampai menetas sendiri. 11. Tentukan ide pokok teks tersebut! Jawab: 12. Tulislah kesimpulan teks tersebut! Jawab:​


ujaran denotatif, konotatif, dan majas dari kata pantai​


2. Tanukanlah judul yang tepat untuk gambar tersebut ingaan & mengungkapkan objek khusus C 3. Satian deskrips unum tentang gambar tersebut dengan


a. berisi pengenalan objek yang dideskripsikan beris informasi umum tentang objek bebas dari kesalahan struktur kalimat, dan bebas dari kesalahan tanda baca SU d. a engan huruf kapital di tiap awal kata, kecual Buatian deskripst bagian tentang gambar tersebut dengan memuat penjelasan terperinci terhadap objek b terdapat pemerincian beberapa bagian dari objek bebas dari kesalahan kalimat menggunakan kosakata yang segar dan bervariasi dan bebas dari kesalahan tanda baca. a D. 5. Buatlah penutup deskripsi tentang gambar tersebut dengan memuat kalimat kesan-kesan terhadap objek memuat kalimat simpulan. 6. Bacalah kembali hasil tulisanmu. Pastikan tidak ada kesh memuat: 3. ujaran denotatif. b. ujaran konotatif, dan majas. OP Bacalah ke Ken can​


memanfaatkan alam secara bertanggung jawab sesuai dengan sila…Pancasila A.kedua B.ketiga C.keempat D.kelima​


tuliskan komponen pebentuk okesistem​


apa makna simbol pohon kalpataru? ​


minimal 3 paragraf aja yaa kakthank youuu​

Kami harap semoga solusi dari pertanyaan mengenai Apa yang dimaksud dengan jaringan internet brainly ini ada manfaatnya untuk sobs semua.

Siapa tahu om dan tante memerlukan saran lain,om dan tante boleh kontak kita lewat form contact us.

Apa yang dimaksud dengan jaringan internet brainly | admin | 4.5