Apa saja peralatan diving dan harganya

By On Monday, November 7th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Apa saja peralatan diving dan harganya – Apa khabar tante dan om semua, Makasih banyak sudah mau datang di web site situspanda ini. Pagi ini, saya di web www.situspanda.Com mau share info yg oke banget yang membahas tentang Apa saja peralatan diving dan harganya. Silahkan sista dan agan boleh membaca yang dibawah ini:

Menyelam merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan dan menjadi hobi bagi beberapa orang. Selain menjadi hobi, bagi orang tertentu menjadi profesi seperti tim SAR selam, tukang las pipa bawah laut dan sebagainya.

Sebagai makhluk yang hidup di darat, manusia membutuhkan beberapa peralatan menyelam yang dapat digunakan.

Anda dapat membeli alat selam yang berkualitas. Untuk menjaga keselamatan anda dapat menyelam, sebaiknya anda jangan pernah membeli peralatan
menyelam bekas.

Sebelum anda mengetahui lebih lanjut terkait peralatan menyelam yang lengkap untuk pemula. Sebaiknya anda mempelajari berbagai tips menyelam yang wajib anda ketahui dan pelajari.

Tips Menyelam untuk Para Pemula

Inilah tips menyelam yang dapat anda lakukan bagi para pemula. Tips ini dapat anda pelajari untuk menjaga keamanan anda saat melakukan aktivitas menyelam.

1. Melakukan Prosedur Entry yang Benar

Cara dasar menyelam pertama disebut dengan entry. Proses masuk ke air ataupun entry merupakan proses dimana anda akan merasa sangat takut dan senang.

Proses tersebut dapat anda lakukan dengan beberapa cara yaitu memasang SCUBA dive di air ataupun dengan melompat dan telah menggunakan SCUBA di tubuh anda.

Namun, untuk para pemula, cara yang direkomendasikan adalah memasang alat
SCUBA di air terlebih dahulu. hal ini untuk menjaga keselamatan dan juga melindungi diri sebelum menyelam.

2. Dengarkan dan Ikuti Arahan dari Instruktur/Dive Master

Anda akan diberikan instruksi lengkap mengenai cara dasar menyelam yang baik. Mulai dari cara menggunakan masker oksigen hingga cara melihat oksigen di dalam tabung.

Penjelasan tersebut akan sedikit panjang dan terdnegar cukup
membosankan, namun hal tersebut cukup penting. Anda harus mendengarkan dnegan baik dan jangan malu untuk bertanya jika tidak mengerti.

3. Pilih Perlengkapan Diving yang Pas

Perlengkapan diving yang pas merupakan modal utama untuk menjelajah di dasar air. Sebagai penyelam pemula anda harus mempersiapkan kacamata renang ataupun perlengkapan yang pas dan tepat.

Mendapati air masuk ke dalam masker tentu akan
membuat anda tidak nyaman dan dapat membuat anda panik saat berada di bawah air. Anda dapat merasakan kekencangan kacamata pada saat fitting alat dengan cara menunduk dan rasakan apakah masker terasa lebih longgar.

Jangan lupa untuk mengencangkan karet masker terlebih dahulu sebelum anda masuk ke dalam air. Namun, jika sudah terlanjur masuk ke dalam masker, anda bisa angkat kepala sedikit, buka masker dan juga dorong air dengan hembusan nafas dari hidung.

Anda dapat
melakukan hal tersebut dengan cepat. Jika masih ada waktu, anda dapat latihan terlebih dahulu sebelum benar-benar melakukan aktivitas menyelam.

4. Lakukan Pergerakan Tubuh dan Pernapasan Secara Benar

Hal yang paling penting saat anda menyelam adalah jangan menahan nafas selama berada di bawah air. Terkadang, secara tidak sadar anda menahan sedikit nafas saat menghembuskan udara melalui mulut. Hal tersbeut
sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kecelakaan pada paru-paru.

Posisi badan akan snagat mempengaruhi penyelaman ataupun daya apung saat berada di dalam air. Buat badan anda senyaman mungkin untuk melakukan pergerakan pada saat di dalaam air dan tidak perlu terburu-buru. Karena dalam penyelaman pemula tidak ada yang perlu diselesaikan.

Lakukan juga pergerakan yang mudah dan jangan aneh-aneh. Biasanya setelah berada di perairan, anda akan disuruh berhenti dan mengecek segala
peralatan. Hal tersebut untuk menjaga keamanan saat berada di dalam air.

5. Hafalkan Isyarat Tangan

Hafalkanlah isyarat, karena selama berada di dalam air tidak akan bisa bicara. Maka dari itu, diciptakanlah isyarat sebagai media komunikasi selama di daam air. Kenali dan juga hafalkan sebaik-baiknya isyarat tersebut.

6. Sesuaikan Telinga dengan Tekanan Air

Penyesuaian
tekanan dalam telinga dengan bagian luar tubuh biasa disebut dengan Ekualising. Cara yang dapat digunakan yaitu dengan menutup lubang hidung kemudian keluarkan udara melalui hidung dengan tangan yang masih memencet hidung.

Untuk penyelam yang profesional, biasanya mengatasinya dengan cara menelan ludah. Untuk waktu ekualising, anda dapat melakukannya secara sering dan jangan sampai terasa sakit baru melakukan ekualising.

Sebisa mungkin, jika anda sudah berada di dalam air, maka
setiap 1 meter kakukanlah ekualising meskipun telinga anda tidak merasa sakit ataupun tertekan.

7. Jangan Terlalu Jauh dari Instruktur/Pemandu

Boleh saja menikmati taman laut sendiri atau berlajan lebih lambat/jauh dari pemandu, namun jangan terlalu jauh. Karena, anda masih pemula dalam menyelan, akan lebih berisiko terkena masalah dibandingkan yang sudah profesional.

Kecelakaan akan lebih mudah terjadi saat
masalah datang dan anda jauh dari pemandu. Selain itu, anda bisa lupa diri jika keasyikan menikmati terumbu karang.

Bisa saja anda tersasar dan tertarik arus bawah air. Maka untuk menghindari hal tersebut, jagalah jarak yang aman dengan pemandu.

8. Lulus Uji Sertifikasi

Sebelum melakukan penyelaman, seharusnya anda lulus ujian sertifikasi selam terlebih dahulu. sertifikasi tersebut dapat anda lakukan di PADI, CMAS, ataupun lainnya.
Disana anda akan mendapatkan pelajarakn dan teknik mulai dari yang dasar.

Demikian beberapa tips ketika anda akan melakukan aktivitas menyelam bagi para pemula. Jadi, anda tidak perlu takut, yang terpenting patuhi segala peraturan yang tersedia. Selanjutnya, anda harus mengetahui berbagai peralatan menyelam yang harus anda gunakan.

14 Peralatan Menyelam yang Wajib digunakan oleh Pemula

Berikut ini 14
peralatan menyelam yang dapat anda gunakan sebagai penyelam pemula. Gunakanlah peralatan selam terbaik untuk menjaga keamanan anda.

1. Masker

Peralatan Menyelam (Masker)

Penglihatan di dalam air memang cukup buruk, maka diperlukan alat yaitu masker. Alat tersebut memberikan rongga udara pantara mata dan juga air, sehingga penglihatan akan lebih jelas dan dapat melindungi terhadap iritasi air pada mata.

Sewaktu menyelam, masker akan mendapat tekanan hidrostatis. Maka dari itu, pemakaian masker tidak diperbolehkan jika terlalu ketat.

Tentunya anda harus selalu mengadakan equalisasi
dengan menghembuskan udara ke dalam masker melalui hidung, maka hidung harus diikutsertakan ke dalam masker.

Dengan alasan inilah sebuah kacamata renang tidak dapat digunakan untuk menyelam. Masker memiliki kelemahan yaitu benda akan terlihat lebih besar dan lebih dekat.

Hal tersebut dikarenakan akibat dari kombinasi sudut bias dan indeks bias antara air, kaca, dan udara. Masker untuk menyelam dijual mulai dengan harga Rp. 200.000 an.

2. Snorkel

Peralatan menyelam – Mask Snorkle Sets Lasona

Snorkel merupakan salah satu peralatan
menyelam yang berbentuk pipa yang digunakan untuk bernapas bagi penyelam di permukaan air, dan berguna untuk skin diving saat berisirahat di permukaan.

Dengan snorkel, seorang penyelam dapat dengan mudah untuk bernapas tanpa menegakkan kepala keluar dari air dan bebas mengamati keadaan bawah air.

Snorkel biasanya digantungkan di sebelah kiri masker pada penyelam, namun dapat juga di depan ataupun di sebelah kanan, tergantung tipe snorkel tersebut.

Teknik napas dengan snorkel
yaitu dengan cara menghembuskan udara terlebih dahulu, kemudian membuang napas. Hal tersebut berfungsi untuk menghindari adanya air yang masuk melalui ujung pipa yang terbuka.

Untuk mendapatkan peralatan snorkeling terbaik, anda harus mencari snorkel yang bagian dalamnya licin, untuk mempermudah saat meniup.

Sehingga, tidak ada sisa air yang
tertinggal di dalamnya. Pilihlah mouthpiece yang cocok dan juga nyaman di mulut dengan panjang antara 12 s/d 14 inci.

Untuk yang sesuai gambar di atas adalah Lasona Snorkeling Diving Mask Snorkle Sets KC-MS002. Produk tersebut dijual dengan harga Rp. 1.049.000 an.

3. Fins

Peratan menyelam (Fins)

Fins merupakan salah satu peralatan menyelam yang digunakan untuk menambah kekuatan daya kayuh bagi penyelam sehingga laju pergerakan dalam air juga bertambah. Teknik pemakaian ayunan kaki perlahan, namun kuat dan juga santai.

Fins dibuat bukan untuk menambah kecepatan berenang, namun menambah daya kayuh. Dengan bantuan fins, kemampuan renang akan bertambah 10 kali lebih besar dibandingkan tanpa fins.

Produk Fins dijual dengan harga beragam. Tergantung jenis dan merk. Untuk merk Cressi, dibandrol dengan harga Rp. 745.000 an.

4. Boots

Peralatan menyelam – Boots

Boots merupakan sepatu boot yang digunakan pada saat penyelaman. Hal tersebut berguna untuk menghindari cedera kaki sewaktu menyentuh dasar laut ataupun benda keras dan sebagainya. Ini juga bisa melindungi terhadap kejang kaki
yang disebabkan oleh kedinginan dan kemungkinan kaki lecet.

Boots dari karet bisa dengan sol keras adalah jenis perlengkapan pelindung kaki yang umum digunakan oleh penyelam. Beserta kaos kaki yang tebal untuk melindungi kaki.

Saat memilih boot, penyelam harus menyesuaikan degan ukuran fins yang akan digunakan. Pilihlah boots yang memiliki komposisi yang kuat yang dapat melindungi kaki sehingga minim cedera.

Semakin tebal boots, maka semakin baik. Sebaiknya anda pilih ukuran
boot yang tidak terlalu ketat sehingga memudahkan peredaran darah.

Untuk menghindari selip pada penggunaan boots, maka gunakan bedak sebelum memakainya. Boots dijual dengan harga beragam tergantung merk dan model. Untuk produk seperti gambar dibandrol dengan harga Rp. 500.000 an.

5. Rompi Apung

Peralatan menyelam – Rompi Apung

Peralatan ini biasanya digunakan dalam keadaan darurat, namun di dalam kegiatan penyelaman sangat diperlukan untuk terapung di permukaan air sambil berenang. Dan tentunya untuk menjaga keselamatan diri.

Pilihlah
rompi apung yang sesuai dengan keperluannya dan cocok dengan ukuran tubuh anda. yang umum diguakan pada saat ini adalah jenis BC (buoyancy Compensator).

Produk rompi apung dijual dengan harga beragam. Tergantung dengan model, merk dan tipe. Untuk yang seperti gambar di atas dijual dengan harga Rp. 50.000 an.

6. Pakaian Selam

Pakaian Selam (peralatan menyelam)

Pakaian selam merupakan peralatan menyelam yang memiliki manfaat untuk melindungi diri dari bahaya yaitu
memperlambat kehilangan panas tubuh karena adanya air hangat antara pakaian selam dan juga kulit. Serta dapat melindungi tubuh dari goresan karang maupun sengatan kehidupan laut.

Anda dapat memilih pakaian selam sesuai dengan ukuran tubuh dan menyesuaikan kebutuhan saat penyelaman.

Untuk menjaga badan penyelam tetap hangat di daerah yang dingin, penyelam sebaiknya memakai jenis dry suit.

Pakaian pelindung penyelam yang kini umumnya digunakan adalah foam neoprene
wet suit. Pakaian tersebut terbuat dari karet neoprene yang mempunyai gelembung busa berudara. Bahan ini tidak dapat menyerap air dan dibuat dalam berbagai ukuran ketebalan bahan.

Produk baju khusus untuk menyelam dijual dengan harga bervariasi. Tergantung brand dan model. Untuk kualitas yang bagus umumnya dibandrol mulai dengan harga Rp. 700.000 an.

7. Sabuk Pemberat

Peralatan menyelam – Weight Belt

Di dalam air tubuh manusia akan mendapat daya apung ke atas. Seorang penyelam supaya dapat dengan mudah masuk ke dalam air membutuhkan sebuah pemberat.

Maka dari itu, penyelam dapat menggunakan wet
suit yang terbuat dari neoprene yang akan menambah daya apung lebih besar 5 sampai dengan 25 pound.

Yang paling mudah umumnya menggunakan weight belt. Jika seorang penyelam memakai wet suit setebal 3/16 inchi, biasanya membutuhkan timah seberat 10 % dari berat tubuhnya.

Weight belt juga harus dilengkapi dengan gesper pengancing yang dapat dilepas secara cepat. Produk seperti ini dijual dengan harga Rp. 150.000 an.

8.
Pisau Selam

Peralatan menyelam – Pisau Selam

Peralatan menyelam satu ini dapat digunakan untuk menolong, menggali, dan alat pengukur bagi seorang penyelam.

Pisau
selam terbuat dari logam antikarat dan juga bergerigi pada matanya. Produk ini dijual dengna harga Rp. 55.000 an.

9. Sarung Tangan

Sarung tangan (peralatan menyelam)

Peralatan ini merupakan perlengkapan tambahan dari pakaian selam yang dianjurkan dipakai untuk pemula. Sarung
tangan berguna untuk melindungi anggota tubuh yaitu bagian dari tangan dari goresan tangan dan sebagainya.

Dengan menggunakan sarung tangan, tangan penyelamakan terlindungi dan akan menjadi lembut jika terendam dalam air.

Serta, apabila tergores sangat sulit untuk menghentikan pendarahan. Produk sarung tangan selam yang berkulitas dijual dengan kisaran harga Rp. 373.000 an.

10. Tas Selam

Peralatan menyelam – Tas selam

Tas selam digunakan untuk menyimpan segala perlengkapan selam supaya tidak tercecar. Dan juga melindungi peralatan dari panasnya matahari.

Gunakanlah tas yang besar yang dapat mengangkut peralatan selam selama di
perjalanan maupun di boat. Tas ini harus kuat dan tahan air karena kondisi medan penyelaman biasanya jauh dan juga basah.

Pilihlah tas selam yang dapat memuat fin, snorkel, masker, dan juga buoyancy compensator. Hindari penggunaan tas dengan resleting dan sebaiknya menggunakan pembukaan menggunakan tipe metal.

Tas selam dijual dengan harga beragam. Untuk produk seperti gambar di atas dibandrol kisaran Rp. 200.000 an.

11. Gauges
Selam

Peralatan menyelam – gauges selam

Gauges selam merupakan sebuah indikator yang menunjukkan jumlah udara oksigen yang terdapat di dalam tabung.

Selain itu digunakan juga untuk menunjukkan kedalaman, kompas, tekanan udara, dan juga suhu udara
saat menyelam. Produk ini dijual dengna harga Rp. 1.600.000 an.

12. Dive Computer

Peralatan menyelam – Dive computer

Dive computer berfungsi untuk menunjukkan
tekanan udara, kedalaman air, dan juga suhu udara. Alat ini berguna sebagai petunjuk berapa lama seorang penyelam dapat bertahan di dalam air. Produk ini dijual dengan harga Rp. 8 jutaan.

13. Senter

Peralatan menyelam –
Senter selam

Cahaya matahari semakin sedikit yang masuk ke dalam air jika semakin dalam menyelam di laut, dan tentunya semakin gelap.

Oleh sebab itu, penyelam membutuhkan sebuah senter selam untuk menerangi saat menyelam. Senter seperti ini dijual dengan harga Rp. 298.000 an.

14. Tank ataupun Tabung Udara

Tabung udara ini digunkaan untuk bernafas di dalam air. Tabung ini memiliki beragam ukuran
tergantung berapa lama seorang penyelam akan melakukan penyelaman.

Isi tabung merupakan campuran udara yang dibutuhkan oleh paru-paru untuk bernafas saat berada di air. Tabung dijual dengan harga beragam berdasarkan ukuran.

Untuk tabung composite 9 liter dengan regul pengisian + Boot karet dijual dengan harga Rp. 4.400. 000 an.

Demikian 14 peralatan menyelam yang wajib anda gunakan untuk para pemula. Peralatan ini digunakan untuk menjaga penyelam supaya tetap aman dan
tentunya nyaman. Jadi, anda tidak perlu khawatir ketika akan menyelam. – Editted: 22/04/2021 by IDNarmadi.

Apa saja perlengkapan diving?

Peralatan berikut tidak wajib tetapi dapat membantu penyelam: pisau selam, senter bawah air, sarung tangan, wetsuit, hood, safety sausage, perangkat bunyi-bunyian, gel untuk masker, cincin karet untuk tangki udara, papan dan pensil bawah laut, dan kamera bawah laut.

Berapa biaya belajar diving?

Biaya kursus diving di Lautanmas, mulai dari Rp2,75 juta untuk reguler dan Rp5 juta untuk private. Biaya sekolah diving ini belum termasuk biaya-biaya lainnya yang perlu kamu keluarkan saat melakukan trip ke luar pulau.

Berapa lama belajar diving?

Belajar scuba diving bisa dilakukan dengan mengikuti kursus pada lembaga-lembaga pelatihan diving yang telah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Kursusnya tidak dapat ditempuh hanya dengan waktu 3 -4 hari.

Apa bedanya scuba diving dan snorkeling?

Perbedaan paling mendasar dari snorkeling dan diving adalah terletak pada kedalamannya saat menyelam ke dalam air. Biasanya snorkeling dilakukan di permukaan air dengan kedalaman 1-3 meter saja, sedangkan diving bisa dilakukan di kedalaman 200 – 300 meter atau bahkan lebih dalam.

Kami harap semoga jawaban dari pertanyaan mengenai Apa saja peralatan diving dan harganya ini berguna untuk kamu semuanya.

Nah kalau Agan perlu saran lain,sobat bisa kirim pertanyaan kami lewat link kontak.

Apa saja peralatan diving dan harganya | admin | 4.5