Apa obatnya jika gusi bengkak

By On Wednesday, November 30th, 2022 Categories : Tanya Jawab

Apa obatnya jika gusi bengkak – Apa khabar teman semua, Thanks dah mau datang ke website situspanda dot com ini. Di hari yang cerah ini, kita dari web situspanda dot com akan share Q dan A yang bagus yang menunjukkan pada anda tentang Apa obatnya jika gusi bengkak. Langsung saja teman dapat simak yang di bawah ini:

Ilustrasi. Sejumlah bahan-bahan rumahan bisa menjadi obat gusi bengkak alami. Penggunaan bahan alami ini bisa menjadi langkah awal penanganan gusi bengkak. (Foto:
iStockphoto/g-stockstudio)

Jakarta, CNN Indonesia

Sejumlah studi menunjukkan bahwa beberapa bahan-bahan rumahan bisa menjadi obat gusi bengkak alami.

Bahan alami
ini tak hanya mengurangi rasa tidak nyaman pada gusi, tapi disebut bisa meredakan peradangan dan memulihkan gusi dari bengkak.

Melansir Healthline, penggunaan bahan-bahan rumahan yang alami ini bisa menjadi cara mengobati gusi bengkak sebagai langkah awal penanganan.

Gusi bengkak umumnya ditandai dengan gusi yang menonjol, memerah, bahkan
berdarah ketika menggosok gigi.

Penyebab gusi bengkak pun cukup bervariasi. Mulai dari peradangan, infeksi, kekurangan nutrisi, serta tekanan gigi palsu dan kawat gigi.

Selain itu, juga bisa disebabkan oleh masalah gigi sensitif terhadap pasta gigi dan obat kumur tertentu, ada sisa makanan yang menyangkut di antara gigi dan gusi, sampai karena kehamilan pada wanita.

Untuk kasus gusi bengkak yang gejalanya masih ringan, masih bisa diatasi dengan pengobatan sederhana di rumah.

Berikut 7 obat gusi bengkak alami dari bahan rumahan yang bisa dicoba.

1. Kumur air garam

Ilustrasi. Air garam bisa dimanfaatkan sebagai obat gusi bengkak alami (Foto:
iStockphoto/Tharakorn)

Studi menunjukkan salah satu obat gusi bengkak paling ampuh adalah berkumur air garam. Sebab, air garam dapat meredakan peradangan pada gusi yang membuatnya menjadi bengkak.

Selanjutnya, kumur air garam juga bisa menyembuhkan Anda dari kondisi gusi bengkak. Caranya, campurkan air setengah gelas dengan satu sendok teh garam.

Lalu, aduk sampai garam larut. Kemudian, berkumurlah dengan air garam selama 30 detik dan muntahkan. Lakukan ini sebanyak 2-3
kali per hari sampai bengkak hilang. Jangan menelan bekas berkumur air garam.

2. Kompres air hangat atau dingin

Kompresan air hangat atau dingin juga bisa meredakan nyeri pada gusi yang bengkak. Selain itu, kompresan ini juga bisa meredakan bengkak pada gusi.

Caranya mudah. Anda hanya perlu merendam kain atau handuk bersih ke air hangat atau air dingin. Kemudian peras dan tempelkan di pipi dekat gusi yang bengkak.

Kompres sebanyak 2-3 kali masing-masing selama 5
menit. Anda bisa melakukan hal ini sekitar 2-3 kali per hari.

3. Beri kunyit

Ilustrasi. Kunyit bisa dimanfaatkan sebagai obat gusi bengkak alami (Foto: iStockphoto/ollo)

Obat gusi bengkak alami selanjutnya adalah kunyit. Rempah rimpang ini mengandung kurkumin yang bersifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Hal tersebut membuat kurkumin pada kunyit bisa mencegah munculnya plak pada gusi dan radang gusi yang menyebabkan pembengkakan.

Caranya, Anda bisa menyikat gigi seperti biasa. Lalu, beri pasta atau bubuk kunyit ke gusi yang bengkak. Biarkan kunyit menempel sekitar 10 menit di gusi.

Lalu, kumur atau bilas dengan air bersih. Jangan menelan bubuk atau pasta kunyit. Lakukan hal ini sebanyak dua kali sehari sampai gusi bengkak mereda.

4. Kumur minyak esensial

Selain
berkumur dengan air garam, Anda juga bisa juga bisa mengobati gusi yang bengkak dengan berkumur air campuran minyak esensial.

Pilihan minyak esensial yang bisa digunakan seperti tea tree, peppermint, dan thyme. Ketiganya efektif untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme di mulut yang kerap membuat gusi bengkak.

Cukup campurkan tiga tetes minyak esensial varian apa saja dengan air setengah gelas. Kemudian, berkumur selama 30 detik dan muntahkan.

Anda bisa melakukan hal ini
sebanyak dua kali dalam sehari. Namun perlu diingat, jangan menelan air campuran minyak esensial.

5. Beri lidah buaya

Beberapa jurnal menyebutkan lidah buaya bisa menjadi obat gusi bengkak alami. Bahkan, khasiat lidah buaya sama efektinya seperti chlorhexidine, obat radang gusi yang bisa ditemukan dengan resep dokter.

Lidah buaya bermanfaat menyembuhkan gusi bengkak dan mencegah radang gusi semakin parah. Untuk merasakan khasiat lidah buaya pada gusi bengkak,
Anda bisa mencampur lidah buaya dengan air.

Kemudian, berkumur dan muntahkan. Lakukan hal ini sebanyak dua kali dalam sehari.

6. Pakai baking soda

Ilustrasi. Baking soda bisa dimanfaatkan sebagai obat gusi bengkak alami (Foto: iStockphoto/Geo-grafika)

Baking soda terkenal sebagai bahan untuk membuat kue, namun rupanya
juga bisa digunakan untuk meredakan masalah gusi bengkak. Anda hanya perlu melarutkan baking soda dengan air, kemudian berkumur selama beberapa detik.

Baking soda mengandung senyawa yang bersifat antibakteri sehingga bisa menghilangkan plak di mulut yang kerap menyebabkan gusi bengkak.

7. Kumur air lemon

Air perasan lemon bisa dijadikan obat gusi bengkak karena gigi berlubang. Caranya, campurkan air dengan air perasan lemon, kemudian berkumurlah selama beberapa detik.

Air lemon merupakan obat gusi bengkak alami karena bisa membunuh bakteri di gigi dan gusi. Asam lemon bisa mengatur keseimbangan pH di mulut.

Demikian obat gusi bengkak alami yang bisa dicoba sebagai pertolongan pertama. Normalnya, gusi bengkak yang ringan dapat kempis dan sembuh selama beberapa hari.

Namun jika tak kunjung sembuh bahkan gusi bengkak disertai nanah, maka permasalahan tersebut tidak boleh diabaikan dan perlu segera memeriksakannya ke dokter gigi untuk penanganan
yang tepat.

(uli/fef)

[Gambas:Video CNN]

Gusi bengkak dikasih apa ya?

Untuk meredakan gusi bengkak yang terasa sakit akibat peradangan pada gusi, dokter dapat meresepkan obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen. Jenis dan dosis obat yang diberikan akan disesuaikan dengan tingkat keparahan gusi bengkak yang dialami.

Gimana agar gusi bengkak cepat kempes?

Cara Mengatasi Gusi Bengkak.

Kompres dengan Es atau Air Hangat. Bila gusi menjadi bengkak tanpa disertai nyeri yang berdenyut, Anda bisa melakukan kompres pada gusi dengan menggunakan es batu. … .

Kumur dengan Air Garam. … .

Hindari Penyebab Iritasi..

Apa obat gusi bengkak secara alami?

Berikut cara mengatasi gusi bengkak dengan memanfaatkan bahan-bahan rumahan..

Berkumur dengan air garam. … .

Kompres dengan es atau air hangat. … .

3. Oleskan bawang putih. … .

4. Usapkan bawang merah. … .

Teteskan tea tree oil. … .

6. Berkumur dengan air lemon. … .

7. Berkumur dengan air rebusan daun jambu biji..

Kami berharap bahwa jawaban mengenai Apa obatnya jika gusi bengkak di atas bermanfaat bagi kamu semua.

Jikalau kamu butuh bantuan lebih lanjut,Agan boleh kirim pertanyaan saya lewat form contact us.

Apa obatnya jika gusi bengkak | admin | 4.5