Apa maksud cartridge tipe basah dan kering

By On Sunday, October 2nd, 2022 Categories : Tanya Jawab

Apa maksud cartridge tipe basah dan kering – Halo sista dan agan semua, Selamat datang di website situspanda dotcom ini. Siang ini, kami dari web situspanda ingin membagikan Q dan A yg mantab yang menunjukkan pada anda tentang Apa maksud cartridge tipe basah dan kering. Ini dia om dan tante boleh menyimak yang setelah ini:

JVS Group – POD bocor atau cartridge bocor adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi orang yang aktif menggunakan vapor. Terutama bagi orang awam yang masih belum mengetahui dengan seksama cara pakai pod juga perawatan yang harus diperhatikan. Ada beberapa cartridge POD di pasaran yang cukup rentan mengalami kebocoran, namun yang harus Anda ketahui, setiap cartridge bisa mengalami bocor karena kesalahan dalam penggunaan. 

Tidak peduli penyebab cartridge bocor, beberapa dari kebocoran tersebut mudah diatasi. Hari ini akan membahas dan membantu Anda mengidentifikasi apa masalahnya, dan mudah-mudahan dapat memperbaiki POD bocor yang selama ini Anda keluhkan.

Sebagian besar penggunaan POD, Anda hanya akan melihat kebocoran pada cartridge ketika cairan liquid keluar dari aliran udara atau airflow, tetapi liquid tidak muncul dari udara tipis. Semua tergantung pada alasan kenapa POD bocor, kebocoran dapat terjadi dari beberapa tetes e-liquid hingga seluruh cartridge kosong secara pelan-pelan atau drastis sehingga menyebabkan becek dan harus dikeringkan lagi.

Ada beberapa hal umum yang dapat menyebabkan cartridge bocor. Berikut ini adalah langkah awal yang baik untuk memeriksa apakah vape atau POD bocor:

POD Bocor – Jaga agar POD atau Vapor Tetap Berdiri Tegak

Tidak ada cartridge yang dibuat untuk bertahan dalam kondisi tidur dalam waktu yang lama. Bila memungkinkan, cobalah untuk menjaga posisi vape atau POD Anda tetap tegak. Ini terkadang sulit terlebih jika sering memasukannya dalam tas. Tetapi ini adalah salah satu penyebab POD Bocor yang cukup umum terjadi.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan yakni jika menyimpan vape atau Pod di tas, maka sebaiknya dikosongkan saja. Namun ini akan membuat konsumsi liquid lebih cepat habis. Namun ini adalah cara paling aman jika Anda tidak bisa untuk terus memegangnya atau tidak ada saku yang bisa membuat Vape tetap tegak berdiri.

Periksa Ring Pelapis Pada Cartridge

Seiring waktu, ring atau segel pada cartridge yang berfungsi merekatkan pada POD pasti akan aus atau menjadi kaku bahkan rapuh bahkan bisa juga robek karena sering membongkar cartridge untuk mengganti liquid atau keperluan lain. Pastikan ketika memecahkan masalah kebocoran yang Anda ingat untuk memeriksa segel.

Saat menarik cartridge terpisah untuk mengganti coil atau membersihkannya, beberapa orang secara tidak sengaja salah memasang seal atau ring. Biasakan diri untuk lebih teliti di mana segel harus berada di dalam cartridge saat Anda mencoba produk baru sehingga jika ada masalah kebocoran, dapat menilai apakah mungkin ada yang hilang atau rusak karena tidak teliti.

Periksa Air Flow atau Aliran Udara Pada POD Vapor

Apakah port aliran udara air flow Anda terbuka? Penyebab cartridge bocor yang kurang diketahui orang-orang adalah karena mematikan aliran udara. Hal ini bisa jadi karena tidak tahu atau sengaja dimatikan. Melakukan hal ini pada dasarnya dapat menyebabkan Anda menyedot liquid yang dipanaskan secara langsung melalui coil. Hal ini dapat membanjiri tempat cartridge.

Jika Anda termasuk orang yang menginginkan sensasi seperti merokok, sebaiknya tetap gunakan air flow meskipun itu yang paling kecil. Jangan sampai mematikannya sampai tidak ada udara yang masuk karen justru akan memperpendek usia cartridge.

Gunakan Liquid yang Tepat Untuk Cartridge POD

Untuk atomizer tempat coil yang membutuhkan banyak power untuk memanaskan liquid sehingga muncul uap yang dihirup. Gunakan liquid yang tepat seperti cartridge satnight hanya untuk liquid saltnight dan cartridge freebase untuk liquid freebase. Hal ini bisa Anda tanyakan di vape store tempat membeli liquid, yakni JVS Group agar tidak salah beli yang berakibat membuat cartridge bocor.

Mungkin ada saran dari teman untuk coba-coba menyilangkan untuk mendapat sensasi yang berbeda. Seperti menggunakan cartridge freebase namun dengan liquid salt night. Sebaiknya gunakan dua cartridge jika memiliki dua liquid berbeda tipe agar tetap aman.

Periksa Atomizer atau Cartridge

Seperti kebanyakan produk yang diproduksi secara massal, akan selalu ada beberapa produk yang gagal produksi. Dalam beberapa kasus, coil mungkin memiliki cacat manufaktur yang membuat POD bocor. Untuk meminimalisir kejadian tersebut, hal yang bisa dilakukan yakni pastikan membeli di tempat vape store Jakarta terpercaya JVS Group. Langkah selanjutnya pastikan coil dan cartridge terpasang sempurna tidak ada yang mengganjal.

Berapa Umur Atomizer atau Cartridge

Kesalahpahaman yang sangat umum tentang coil dan vaping adalah bahwa hanya aus, kemudian akan berhenti bekerja, padahal ini tidak benar. Indikator utama bahwa coil siap untuk diganti adalah rasa yang dihasilkan sudah mulai aneh. Ketika Anda memiliki coil segar yang masih bagus, Anda akan mendapatkan rasa yang sesuai dan terasa nikmat dari tiap menghisap POD Vape terbaik.

Seiring waktu saat coil terdegradasi, rasa dapat berubah dalam banyak cara yang berbeda tetapi tidak terbatas pada kurangnya rasa, atau rasa terbakar yang muncul. Indikator lainnya adalah warna kapasa atau liquid. Saat liquid mulai terasa terbakar, kapas yang berada di dalamnya dan liquid dalam tangki dapat berubah warna dengan cepat, memberikan indikasi bahwa mungkin sudah waktunya untuk mengganti dengan yang baru.

Setting Watt Salah

Hal lain yang dapat menyebabkan coil terbakar adalah menggunakan watt diatas yang disarankan. Jika Anda menggunakan diatas batas yang ditentukan, ini dapat menyebabkan coil mengering lebih cepat dari seharusnya. Jika menggunakan watt lebih rendah dari yang disarankan pada coil, liquid mungkin tidak menguap sempurna sehingga menyebabkannya basah dan membocorkan liquid.

Cuaca Panas

Cuaca panas dan sinar matahari langsung juga dapat mempengaruhi kualitas dan konsistensi liquid Anda. Beberapa liquid tertentu dapat kehilangan rasa jika terkena suhu tinggi dan sinar matahari. Saat dibiarkan di bawah sinar matahari, liquid akan menjadi lebih encer dan ini dapat menyebabkan cartridge bocor. Hal terbaik untuk menjaga agar tidak bocor yakni menjauhkan dari suhu panas juga sinar matahari, namun tetap dalam posisi tegak berdiri.

Tidak Sengaja Kepencet

Jika Anda secara sengaja memasukkan POD dalam saku atau tas, meskipun dalam keadaan berdiri, bisa jadi Anda lupa mematikannya dan kepencet secara tidak sengaja secara terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan coil menjadi terlalu panas dan bahkan terbakar. Jika tidak segera menyadarinya, bisa jadi cartridge bocor dan harus segera menggantinya.

Tabung Kaca Retak atau Pecah

Sangat umum bila menggunakan atomizer atau cartridge dengan tangki kaca dan dalam beberapa kasus jatuh yang tidak disengaja kaca pod terbaik 2022 dapat retak bahkan pecah. Terkadang retakannya sangat kecil hingga agak sulit dilihat, jadi pastikan untuk memeriksanya secara menyeluruh. 

Penutup

POD Bocor adalah salah satu hal yang sering terjadi namun Anda jangan sedih karena saat ini ada vape store terdekat JVS Group yang menyediakan berbagai kebutuhan vaping. Mulai dari cartridge, coil, liquid vapor dan lain sebagainya. Silahkan datang langsung ke store atau membeli secara online di Tokopedia JVS.

Printer adalah salah satu perangkat input dan output komputer yang memiliki fungsi untuk mencetak dokumen dari komputer ke media kertas atau semacamnya. Dengan printer, kita bisa mencetak berbagai laporan, gambar, hingga foto. Jenis printer yang paling banyak digunakan dewasa ini adalah printer inkjet, dimana kelebihan printer laser dibanding inkjet bisa Anda baca di situs kami ini.

Prinsip kerja printer inkjet adalah printer ini akan mencetak dengan cara menyemprotkan tinta yang berasal dari cartridge ke kertas atau media cetak lainnya. Sebaiknya, Anda jangan langsung menyentuh hasil cetakan, karena hasil cetakan dari printer inkjet membutuhkan waktu beberapa saat sebelum tintanya mengering.

Di dalam printer inkjet, terdapat sebuah bagian yang bernama head cartridge. Pada bagian ini, terdapat lubang-lubang kecil berdiameter kurang dari 0.1 milimeter. Melalui lubang-lubang ini lah tinta disemprotkan. lubang-lubang ini sangat kecil, sehingga seringkali terjadi penyumbatan.

Penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh tumpukan tinta yang mengering. Hal tersebut membuat tinta yang keluar menjadi tidak stabil, sehingga hasil cetakan printer pada kertas akan putus-putus atau bahkan tidak keluar sama sekali alias tidak dapat mencetak. Inilah salah satu penyebab printer bergaris.

Untuk mrngatasinya, anda dapat mencoba 2 metode, yaitu melakukan deep cleaning terlebih dahulu dan mengatasinya secara manual. Untuk mengatasinya secara manual, Anda harus melepaskan catridge dari printer. Nah, pada bagian ini Anda harus berhati-hati, jangan sampai memegang chip pada catridge.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara mencairkan tinta printer yang kering. Cara-cara yang akan kami jelaskan kali ini bisa dipraktekkan pada printer semua merek, asalkan printer tersebut merupakan printer inkjet. Baiklah, mari kita simak artikelnya bersama-sama.

1. Pembersihan dengan Software Printer

Bagi Anda pengguna Windows, Anda bisa melakukan langkah-langkah deep cleaning yang biasanya tersedia di software khusus printer di komputer atau laptop Anda. Sebelum itu, pastikan software tersebut telah terinstal. Selanjutnya, Anda tinggal sesuaikan saja langkah-langkah di bawah ini dengan buku manual dan pengaturan pada printer Anda. Cara ini juga bisa dilakukan sebagai cara mengatasi tinta printer tidak keluar. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pada Windows di komputer atau laptop Anda, klik Start > Control Panel.
  2. Pada jendela Control Panel, klik pada “Devices, Bluetooth, Printers, Mouse”.
  3. Scroll ke bawah, dan klik tulisan “Devices and Printers”.
  4. Selanjutnya, Anda akan melihat jendela yang berisikan daftar perangkat yang pernah tersambung atau sedang tersambung ke komputer atau laptop Anda. Pada jendela ini, cari printer yang akan dilakukan deep cleaning. Untuk mempermudah, cari nama printer yang bertuliskan nama merek printer Anda disertai dengan tipenya. Contohnya, untuk printer Epson IP 2770, Anda akan menemukan tulisan “Epson IP 2770”
  5. Setelah printer ditemukan, klik kanan pada nama printer tersebut, lalu pilih “Printer Preferences” atau “Printer Properties”.
  6. Selanjutnya, akan muncul jendela pengaturan dari printer Anda. Pilih tab “Maintenance” atau “Perawatan”. Pada tab ini, Anda akan menemukan beberapa hal terkait perawatan printer Anda.
  7. Klik tombol “Head Cleaning”. Pada beberapa printer, Anda akan menemukan dua opsi cleaning, yaitu “cleaning” (biasa) dan “ deep cleaning”. Istilah deep cleaning biasanya ada di printer Canon. Nama lain dari deep cleaning untuk printer Epson adalah Power Cleaning.
  8. Klik tombol Start untuk memulai proses cleaning atau pembersihan.
  9. Tunggu proses pembersihan hingga selesai. Selama prosesnya berlangsung, Anda tidak boleh memakai printer selain untuk kepentingan perawatan.
  10. Setelah proses pembersihan selesai, Anda harus mematikan printer Anda selama 24 jam ke depan. Hal tersebut karena beberapa printer terkadang membutuhkan waktu untuk bisa berfungsi normal kembali setelah dilakukan pembersihan.
  11. Setelah 24 jam terlewati, coba Anda lakukan pencetakan kertas pada printer Anda menggunakan fitur “Nozzle Check”. Caranya, buka kembali jendela pengaturan printer Anda. Lalu pada tab “Maintenance” atau “Perawatan”, klik “Nozzle Check”.
  12. Ikuti petunjuk selanjutnya yang muncul pada layar untuk melakukan Nozzle Check
  13. Bandingkan hasil gambar yang tercetak pada kertas dengan gambar yang ditampilkan di layar. Apabila hasilnya sudah sesuai dan hasilnya bagus, berarti proses cleaning yang dilakukan berhasil. Namun jika hasil cleaning yang dilakukan kurang bagus, Anda berarti harus membersihkan catridge secara manual.

2. Pembersihan Manual

Untuk melakukan cara perbaikan cartridge dengan membersihkannya secara manual, Anda harus menyiapkan beberapa barang, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Air hangat dalam 1 mangkok
  • Tisu atau kain halus
  • Obeng minus

Oke, berikut ini adalah cara mencairkan tinta printer yang kering untuk membersihkan cartridge secara manual:

  • Siapkan air hangat di dalam mangkok
  • Lepaskan cartridge dari printer
  • Buka bagian atas penutup cartridge dengan cara mencongkelnya memakai obeng minus
  • Ambillah busa yang ada di dalam cartridge
  • Lalu, rendam busa tersebut ke dalam air hangat dan bersihkan hingga bersih
  • Rendam sambil goyang-goyangkan head cartridge dengan air hangat selama 15 sampai 20 menit. Eitss, pada tahap ini Anda harus berhati-hati. Jangan sampai bagian chip pada cartridge terkena air.
  • Setelah cartridge selesai direndam, tuangkan sedikit air hangat ke dalam bak atau tank dari cartridge sambil dibilas sampai bersih
  • Jika dirasa perlu, kuras dahulu tinta di dalam cartridge dengan jarum suntik. Hal ini dilakukan karena biasanya tinta di dalam cartridge sebelumnya telah kemasukan air. Sehingga warna yg dikeluarkan pad akertas nantinya menjadi kurang maksimal
  • Bersihkan bagian bak cartridge dengan tisu. Jangan lupa, keringkan busa dan cartridge dengan panas matahari hingga cartridge benar-benar kering.
  • Pasangkan kembali cartridge ke printer seperti semula. Anda bisa memakai lem untuk menyatukan penutup cartridge. Lalu isi cartridge dengan tinta kira-kira sebanyak 4 ml ke dalam cartridge. Lalu biarkan tinta meresap selama 15 menit
  • Lakukan uji coba pencetakan dengan kertas. Jika printer masih belum bisa mengeluarkan tinta, coba diamkan kembali hingga beberapa jam. Baru kemudian Anda coba lagi.

Jadi, untuk mengatasi tinta kering pada cartridge printer inkjet, Anda harus melakukan dulu proses pembersihan menggunakan software bawaan printer Anda. Baru kemudian, Anda bisa mencairkan tinta yang kering secara manual. Pastikan Anda melakukan langkah-langkah yang telah kami sampaikan di atas dengan baik dan benar. Ingat, jangan sampai air hangat yang digunakan untuk membersihkan cartridge mengenai bagian chip cartridge, karena bisa menimbulkan konsleting listrik dan printer Anda malah jadi tidak bisa digunakan kembali.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara mencairkan tinta printer yang kering. Semoga informasi yang kami berikan pada artikel kali ini bisa menambah pengetahuan Anda seputar perawatan dan perbaikan printer inkjet yang Anda miliki. Jika printer Anda akan tidak dipakai dalam waktu lama, Anda perlu tahu cara menyimpan printer dalam waktu lama yang telah kami bahas sebelumnya di situs ini. Selamat mencoba dan semoga sukses perbaikan printernya.

Kita harap kiranya solusi mengenai Apa maksud cartridge tipe basah dan kering di atas ada manfaatnya bagi Agan semua.

Kalau saja tante dan om memerlukan saran lain,sobs boleh kirim pertanyaan saya via form kontak.

Apa maksud cartridge tipe basah dan kering | admin | 4.5