download here

Resep dan Cara Membuat Cireng Enak Gurih

By On Friday, December 18th, 2015 Categories : Kuliner

Kuliner indonesia atau makanan khas lokal memang tidak pernah ada habisnya. Selain cita rasa unik yang hanya ada di negeri ini, juga makanan-makanan lokal menjadi daya tarik tersendiri untuk selalu dirindukan saat kita bepergian ke luar negeri atau ke tempat-tempat yang tidak memiliki makanan-makanan jenis tertentu. Makanan khas lokal yang ada di negeri ini didominasi dengan rempah dan bumbu-bumbu yang juga bahkan hampir mustahil ditemukan di tempat tempat lain. Semua orang Indonesia memiliki lidah yang sudah melekat dengan cita rasa kuliner Indonesia yang tiada duanya, dan tidak bisa digantikan dengan makanan seenak apapun. Salah satunya adalah cireng. Makanan ini sangat khas dan sangat terkenal, dan hampir semua orang, semua kalangan, menyukai makanan yang murah meriah dan juga gurih lezat dan renyah ini.

Cireng adalah makanan yang terbuat dari aci atau tepung tapioka yang ditambah dengan bumbu dan rempah pilihan, selanjutnya digoreng sehingga menjadi renyah, lezat, dan gurih. Cireng sendiri biasanya dimakan dengan cara langsung, ada juga yang dicelupkan pada bumbu atau saus-saus tertentu yang dibuat dengan bahan-bahan khas nusantara sehingga menambah cita rasa cireng itu sendiri. Anda bisa menikmati makanan ini selagi santai di rumah, saat mengobrol dengan keluarga, atau teman, dan saat waktu ngemil atau menunggu jadwal makan. Cireng bisa dibeli di kios atau tempat-tempat penjual cireng yang menyebar hampir di setiap sudut kota, tetapi cireng lebih menarik dan lebih sehat jika kita membuatnya sendiri di rumah.

resep membuat cirengBagaimana cara membuat cireng? Membuat cireng sangat mudah, terutama cireng klasik yang sangat autentik dan disukai oleh hampir semua orang. Berikut ini adalah cara membuat cireng klasik yang authentik dengan bahan bahan yang bisa anda dapatkan dengan mudah di dapur anda.

Bahan-bahan membuat cireng :

-1/4 kg tepung tapioka (aci)
-3 lembar bawang daun
-5 buah cabe rawit (jika tidak ingin pedas, tidak usah digunakan)
-3 siung besar bawang putih
-3 siung besar bawang merah
-penyedap rasa secukupnya
-minyak goreng
-air panas secukupnya
-1/2 sendok teh merica
-1/2 sendok teh garam

Cara membuat cireng :

1. Haluskan bawang putih, dan bawang merah
2. Iris kecil bawang daun dan cabe rawit
3. Masukkan tepung tapioka ke dalam wadah, lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan diiris
4. Tambahkan garam, merica, dan penyedap rasa
5. Aduk adonan hingga tercampur dengan bumbunya
6. Masukkan air panas sedikit demi sedikit hingga adonan cireng kalis
7. Aduk jangan sampai menjadi lembek
8. Taburkan tepung tapioka di atas permukaan adonan cireng
9. Bentuk sesuai selera, lalu goreng pada minyak yang sudah dipanaskan, dengan api sedang.
10. Cireng siap dihidangkan.

Related:

cara membuat cireng, download novel surga yang tak dirindukan, download novel surga yang tak dirindukan pdf, novel surga yang tak dirindukan pdf, cireng, download ebook novel surga yang tak dirindukan, novel surga yang tak dirindukan pdf download
Resep dan Cara Membuat Cireng Enak Gurih | SitusPanda | 4.5