Investasi Berlian

By On Tuesday, June 7th, 2016 Categories : Bisnis

Banyaknya instrumen yang bisa dijadikan investasi membuat semakin banyak orang memilih diversifikasi pilihan investasinya. Ada yang menginvestasikan kekayaan mereka melalui properti, logam mulia, obligasi, saham dan ada juga yang memilih benda yang sangat mahal harganya salah satunya adalah batu permata yaitu berlian.

Berlian, dikenal sebagai batu yang melambangkan status sosial seseorang, karena harganya yang tidak murah terlebih hanya dimiliki oleh orang orang tertentu saja yang memiliki kekayaan sekaligus juga memiliki ketertarikan pada batu permata yang berkilau indah tersebut. Sekarang, banyak sekali pasangan-pasangan yang memilih berlian sebagai mas kawin atau sebagai hadiah pernikahan. Bahkan, Cina adalah negara dengan permintaan berlian tertinggi di dunia.

Tidak salah memang, mengingat berlian merupakan batu permata yang sangat indah, yang biasa dihiaskan pada perhiasan seperti kalung, cincin, gelang, dan juga anting.

Kabar baik lainnya bagi yang ingin menginvestasikan kekayaannya melalui berlian adalah bahwa permintaan berlian terus menanjak atau permintaan semakin tinggi, namun produksi berlian menurun atau semakin kesini semakin sedikit, itu artinya, menurut hukum ekonomi maka harga berlian semakin naik, karena permintaan yang tinggi, dan harga pun akan meningkat.

Mungkin inilah salah satu alasan mengapa banyak sekali orang yang ingin menginvestasikan hartanya melalui berlian, yaitu karena harganya yang semakin meningkat, dan permintaan yang semakin tinggi.

Sebelum anda terjun untuk berinvestasi berlian, anda sebaiknya mengetahui banyak mengenai berlian yang akan di bahas di bawah ini, berikut ini adalah 4Cs of Diamond, silahkan simak baik baik dan pahami betul mengenai berlian yang mungkin akan menjadi pilihan investasi anda agar anda tidak salah langkah atau membuat anda semakin mantap untuk berinvestasi berlian.

Investasi Berlian

Investasi Berlian

Karat berlian

Semakin besar karat berlian, maka semakin mahal juga harganya. Namun, ukuran karat berlian, berbeda dengan ukuran karat emas. Misalnya, satu karat berlian harganya bisa mencapai 100 juta, maka untuk berlian dua karat bisa jadi harganya 300 juta.

Irisan berlian

Cutting atau irisan berlian, juga berpengaruh pada pemainan cahaya dari batu berlian. Yang mesti anda perhatikan juga adalah bagian pinggang berlian dan bentuk potongan atau irisan berlian. Berlian sangat indah saat terpantulkan cahaya, sehingga dibuat irisan irisan yang rapi yang bisa memainkan cahaya tersebut.

Tingkat keputihan warna berlian

Tingkat keputihan warna berlian ini juga sangat mempengaruhi. Semakin putih warna berlian, maka harganya pun semakin tinggi atau semakin mahal. Tingkat keputihan waran berlian ditandai dengan huruf dari D hingga Z. Untuk yang tertinggi adalah D, sedangkan yang terendah tingkat keputihannya adalah Z.

Kejernihan berlian atau clarity

Clarity atau kejernihan berlian juga sangat penting untuk ditentukan. Clarity atau kejernihan juga memiliki tingkat yang berbeda-beda, tingkat yang paling jernih adalah flawless, yaitu jernih sekali tanpa cacat, tanda dari kejernihan yang tanpa cacat atau flawless ditandai dengan kode “VVS”

Sertifikat resmi

Ini hal yang sangat penting untuk diketahui atau dipahami sebelum membeli berlian. Pastikan berlian tersebut memiliki sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi dunia, seperti GIA atau Gemological Institute of America. Tujuannya adalah agar nilai berlian yang anda miliki atau anda beli, terjamin karena mengacu pada harga dunia.

Related:

huawei LAU U22, cara dape berlian diavatar musik indonesia, paspor berlian coc
Investasi Berlian | SitusPanda | 4.5