download here

Investasi Adalah? Pengertian Investasi

By On Thursday, June 9th, 2016 Categories : Bisnis

Kata investasi mungkin sering atau pernah anda dengar, namun sebenarnya kegiatan ini lebih akrab lagi oleh mereka yang sudah atau sedang menjalankan kegiatan investasi tersebut. Biasanya, investasi lebih akrab untuk orang-orang pebisnis, orang-orang yang memiliki usaha dan modal, juga orang-orang yang bergelut di dunia keuangan dan juga dunia bisnis.

Kata investasi mengandung makna umum yang bisa dibilang sama, yaitu adalah menyimpan atau menanamkan sejumlah uang pada suatu barang atau jasa, dengan harapan di kemudian hari dapat menghasilkan keuntungan atau membuahkan hasil sekian persen dari modal yang ditanamkan atau dari sejumlah uang yang pernah digulingkan untuk urusan tersebut. Banyak sekali lahan investasi yang mungkin ada di sekitar kita, dan banyak juga contoh produk-produk investasi yang ada di sekitar kita.

Investasi dapat juga dikatakan sebagai barang modal untuk suatu usaha. Misalnya ambil saja contoh pada pabrik minuman, mesin-mesin yang dibeli oleh kita memang tidak menghasilkan uang, namun itu adalah bentuk modal investasi untuk keberlangsungan usaha, selain itu keuntungannya diambil dari penjualan produk-produk makanan yang dihasilkan oleh mesin tersebut. Atau, misalnya adalah kita membeli sebuah apartemen dengan harga X, semakin lama, harga apartemen tersebut semakin naik, dan jika kita jual pada tahun tertentu, harganya sudah lebih dari X, sehingga kita mendapatkan untung dari harga penjualan apartemen tersebut.

Contoh lain dari investasi adalah pembelian berupa aset financial seperti saham, obligasi, dan asuransi. Masih banyak contoh investasi lainnya yang ada di sekitar kita atau yang tidak kita sadari selama ini.

Investasi Adalah

Investasi sebenarnya dapat dilakukan pada apapun, maksudnya ialah hampir semua produk bisa dijadikan investasi, seperti rumah, apartemen, tanah, pabrik, dan masih banyak lagi. Namun, yang akan dibahas saat ini adalah beberapa kesalahan investor yang kadang ditemui mengenai investasi yang dilakukan oleh para investor tersebut. Berikut beberapa penjelasannya:

Rencana investasi kurang jelas

Tidak jarang ditemukan bahwa para investor yang melakukan investasi, terkadang rencana dari investasinya kurang jelas atau bahkan tidak jelas. Padahal, hal ini sangat penting untuk diketahui oleh investor motif apa yang mengharuskannya berinvestasi dan tujuannya untuk masa depan.

Ingin segera menikmati keuntungan

Hal yang satu ini juga kebanyakan menjadi masalah investor, yaitu ketidaksabaran ingin langsung menikmati keuntungan. Padahal, investasi adalah jangka panjang, sehingga kita harus bersabar untuk mendapatkan keuntungan yang kita inginkan.

Kelebihan informasi

Terkadang, investor termakan oleh informasi yang terlalu berlebihan, sehingga mengaburkan analisis baik yang diperoleh sebelumnya. Sebaiknya jangan gegabah dan sabar dalam mengukur dan menganalisa.

Jangan terpengaruh oleh rencana bisnis yang menjanjikan kaya dalam sekejap

Hal yang satu ini juga sangat penting, yaitu jangan sampai kita terpengaruh oleh rencana bisnis yang menjanjikan keuntungan dalam sekejap, apalagi kaya dalam sekejap.

Related:

kesalahan parse saat mengurai paket, pengertian pembaruan nirkabel, pengertian sysdump, tanda hijau pada line, arti xhubs, pengertian krom di samsung, video bokap investor
Investasi Adalah? Pengertian Investasi | SitusPanda | 4.5